Rajin Baca Al-Quran Bisa Lawan Pikun

1285
Penghafal Al-Quran
Ilustrasi: Para santri tengah belajar di sebuah pondok pesantren di Ujung Kulon, Banten. (foto: Anto/Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Imam Al-Qurtubi berkata, “Siapapun yang rajin membaca Al-Quran, maka ingatannya akan dijadikan segar meski ia telah berusia 100 tahun.”

Berkata Abdul Malik bin Umair, “Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang selalu membaca Al-Quran”.

Istiqamah membaca Al-Quran bukan saja mendapatkan pahala, namun bisa memberi manfaat dalam banyak hal, salah satunya menghindari ‘pikun’ di hari tua.

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang rutin membaca Al-Quran berpotensi terhindar dari berbagai penyakit di antaranya penyakit Alzeimer (gampang lupa) dan kepikunan. Hal ini dikarenakan saat seseorang membaca Al-Quran dengan tartil, orang tersebut sudah melakukan gerakan-gerakan yang banyak dilakukan pada senam lidah.

Apa itu senam lidah?

Senam lidah adalah sebuah gerakan menggerakkan lidah ke depan, ke samping kanan dan kiri untuk membiasakan syaraf lidah yang berhubungan dengan otak besar. Karena saat badan kita menjadi tua dan lemah, tanda-tanda yang muncul terlebih dahulu adalah lidah menjadi kaku dan kadang lidah gampang tergigit sendiri.

“Makharijul huruf yang ada pada bacaan Quran ternyata banyak yang mengandung gerakan senam lidah,” jelas Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Banyumas KH Munawar Kholil, seperti dikutip dari situs resmi NU Online, Kamis (12/3/2020).

Inilah yang menurutnya di antara bukti bahwa Al-Quran merupakan mukjizat nyata dari Allah Subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam yang berisi firman-firman Allah dengan berbagai fungsi bagi kemaslahatan kehidupan manusia di dunia.

Wallahu A’lam bish Shawab…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here