Raja Ampat Akan Jadi Destinasi Sosial Kampung Zakat

562

Lebih lanjut, Muhiddin mengutarakan, bahwa Kabupaten Raja Ampat sesungguhnya telah dikenal menjadi salah satu objek pariwisata bahkan dikenal mendunia, dengan keindahan alam yang sangat bagus, lautan luas dengan air yang jernih, dan masih banyak lagi kekayaan alam sebagai bukti nyata bahwa Raja Ampat tidak hanya menjadi objek wisata semata.

“Namun dengan hadirnya Program Kampung Zakat, Raja Ampat nantinya dapat menjadi Destinasi Wisata Sosial Pelaksanaan Kampung Zakat,” harapnya seperti dikutip dari siaran pers Bimas Islam, Senin (17/9/2018).

Sementara itu, Camat atau biasa yang dikenal dengan sebutan Kepala Distrik Misool Selatan C. Soltief, menyampaikan bahwa Distrik Misool Selatan terdiri dari 5 Kampung, diantaranya kampung Harapan Jaya, Yellu, Fafanlap, Dapatan, dan Kaerebo, dengan jumlah penduduk seluruhnya mencapai 1.013 Kepala Keluarga dan 4.552 jiwa, sedangkan kampung Harapan Jaya memiliki jumlah KK sebanyak 135 dan 560 jiwa.

Acara peresmian yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Warga Kampung Harapan Jaya, selain diisi dengan acara seremonial dan tidak kurang acara ini dihiasi dengan rangkaian kesenian qasidah dan tarian khas ‘lalayon’ yang ditampilkan dari majelis taklim ibu-ibu, remaja puteri, dan anak-anak menjadikan acara tersebut kian semarak, ditambah lagi dengan antusiasme warga yang memadati ruang tersebut baik dari kalangan orang tua, pemuda, maupun anak-anak.

Dalam laporannya, Kasubdit Kelembagaan dan Informasi Zakat dan Wakaf Andi Yasri, mengatakan bahwa program Kampung Zakat hingga saat ini telah dilaksanakan di 6 lokasi di 6 provinsi, dari 7 lokasi di 7 provinsi, yaitu Dusun Longserang Timur (Kab. Lombok Barat-NTB), Desa Jenilu (Kab. Belu-NTT), Desa Ciladaeun (Kab. Lebak-Banten), Desa Talaga Jaya (Kab. Halmahera Timur-Maluku Utara), dan Desa Sido Mulyo (Kab. Seluma-Bengkulu), sertayang sedang berlangsung dilaksanakan di Kampung Harapan Jaya (Kab. Raja Ampat-Papua Barat), adapun 1 lokasi yang belum diselenggarakan di Desa Sulung (Kab. Sambas-Kalimantan Barat).

Peresmian tersebut dihadiri oleh ASN Kementerian Agama (Pusat dan Daerah), BAZNAS, Wakil Ketua I BAZNAS Provinsi Papua Barat, Sekjen FOZ dan beberapa perwakilan dari LAZ yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) Kampung Zakat di Kabupaten Raja Ampat Papua Barat. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here