Rahasia di Balik Tidurnya Gus Dur Saat Rapat

5669

Tidur adalah keadaan di mana seseorang berada dalam kondisi tidak sadar terhadap apa terjadi di sekelilingnya. Namun, hal ini berbeda dengan tidur Gus Dur yang dinilai banyak kalangan menyimpan rahasia.

Dikutip dari NU, Senin (13/8/2018) rahasia yang dimaksud ialah, meskipun dalam kondisi tertidur ketika diskusi, rapat, musyawarah, dan lain-lain, Gus Dur justru mampu menanggapi dengan tangkas dan cerdas pembicaraan di forum. Persis seperti orang yang terjaga padahal dirinya terlelap ketika forum berlangsung.

Awalnya, tidak sedikit orang-orang yang tidak menyukai perilaku Gus Dur tersebut karena dianggap kurang sopan dan tidak etis. Namun, justru ketika Gus Dur mampu menanggapi musyawarah dengan brilian setelah terlelap, orang-orang tersebut berbalik kagum, hormat, dan menyukai Gus Dur.

Kemudian, Gus Mus yang merupakan sahabat karib Gus Dur mengungkapkan misteri tidurnya pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, yang kerap memahami pembicaraan orang-orang di forum meskipun dirinya terlelap. Cerita ini ia dapatkan langsung dari Gus Dur ketika orang-orang ramai membicarakan tidurnya.

Saat orang-orang terkesima, Gus Mus justru menanggapinya biasa-biasa saja, tidak ada yang aneh, tidak ada juga yang tak masuk akal perihal misteri tidur Gus Dur ini. Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang ini mengungkapkan bahwa kecerdasan Gus Dur justru terletak pada kesiapan dirinya menghadapi forum-forum besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here