Raffia, Hakim Berjilbab Pertama di Inggris

83
Raffia Arshad, hakim muslimah pertama di Inggris. (Foto: About Islam)

Muslim Obsession – Raffia Arshad, 40, menjadi wanita Muslim pertama yang menjadi hakim di Inggris. Arshad yang mengenakan jilbab, diangkat sebagai wakil hakim distrik di wilayah Midlands pekan lalu setelah menghabiskan tujuh belas tahun bekerja di bidang hukum.

“Saya tahu ini bukan tentang saya. Ini penting untuk semua wanita, tidak hanya wanita Muslim, tetapi sangat penting bagi wanita Muslim, “katanya, seperti dikutip dari About Islam, Kamis (28/5/2020).

Karier hukum Arshad terhitung gemilang di berbagai bidang. Ia dikenal berhasil mengadvokasi hak-hak anak, berjuang melawan perkawinan paksa dan mutilasi alat kelamin wanita, serta dikenal lantang dalam menyuarakan hukum Islam.

Kendati Arshad memiliki karir yang luas dan mengesankan dalam bidang hukum, namun ia sering merasakan beban prasangka dan diskriminasi.

Arshad menggambarkan bagaimana dia terkadang dikira sebagai klien atau penerjemah saat berada di ruang sidang. Pengalaman-pengalaman ini sering membuatnya tak percaya diri.

Setelah pelatihan di London, Raffia dipanggil pada tahun 2002 dan menjalani studi di Nottingham, ia kemudian bergabung dengan Kamar Hukum Keluarga St Mary pada tahun 2004.

Kini Arshad menjadi pengacara yang sukses, dan menjadi seorang ahli dan penulis dalam masalah yang berkaitan dengan hukum keluarga Islam. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here