Rabu, Presiden Jokowi Lantik Kapolri Baru

161
Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis dan Kabareskrim Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. (Foto: tiras)

Jakarta, Muslim Obsession – Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang sudah disahkan oleh DPR RI jadi Kapolri akan segera dilantik menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang akan memasuki masa purnabakti akhir bulan ini.

Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono, pelantikan Komjen Listyo Sigit dijadwalkan dilakukan pada Rabu, (27/1/2021), di Istana Negara, Jakarta.

“Ya betul, infonya seperti itu. Komjen Sigit akan dilantik sebagai Kapolri, Rabu lusa,” kata Argo saat dikonfirmasi, Senin (25/1/2021).

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan jadwal pelantikan Kapolri baru sepenuhnya tergantung Presiden Jokowi.

Baca juga: Tok! DPR Sahkan Pengangkatan Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

Mahfud memprediksi, pelantikan akan dilakukan sebelum 1 Februari 2021. “Itu sepenuhnya tergantung yang dijadwalkan oleh Presiden sebelum tanggal 1 Februari 2021,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, pihak Kesetjenan DPR RI mengatakan pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilakukan sebelum masa jabatan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri berakhir. Pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo ditargetkan sebelum 30 Januari 2020.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit Akan Wajibkan Anggotanya Belajar Kitab Kuning

“Jadi SK dan surat persetujuan sudah disampaikan dan pasti pelantikannya akan dilakukan sebelum tanggal 30 Januari sesuai dengan batas pensiun Kapolri,” kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar setelah menyerahkan SK persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri ke Istana, Jumat (22/1/2021).

DPR RI sendiri sebelumnya menyetujui Komjen Listyo Sigit menjadi Kapolri. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI

Persetujuan Komjen Listyo Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR RI. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III menyetujui Komjen Listyo Sigit menjadi Kapolri. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here