Quraish Shibab: Gelar Habib Harus Dibarengi Akhlak yang Baik

88

Jakarta, Muslim Obsession – Pakar ilmu tafsir Prof Muhammad Quraish Shihab berpendapat mereka yang pantas memanggul gelar habib adalah mereka yang punya keluwasan ilmu, punya kebijaksanaan, dan akhlak yang baik. Jadi bukan hanya sekedar keturunan.

“Seorang habib akhlaknya harus baik, ilmunya luas dan bijaksana,” kata Quraish dalam sebuah videonya di media sosial.

Quraish Shihab sejatinya sudah layak disebut habib. Selain karena faktor keturunan dari baginda Rasululllah Saw. Quraish Shihab juga punya ilmu agama yang luas. Bisa bersikap bijak, akhlaknya pun baik. Namun, ia pun masih merasa belum pantas dipanggil habib.

“Saya merasa, saya butuh untuk dicintai, saya ingin mencintai. Tapi rasanya saya belum wajar untuk jadi teladan. Karena itu saya tidak, belum ingin dipanggil Habib,” ujar Quraish Shihab.

Prof. M Quraish Shihab merupakan cucu dari Habib Ali bin Abdurrahman, habib asli asal Hadhramaut, Yaman. Karya-karyanya dikenal luas di masyarakat. Di antaranya Tafsir Al-Quran Al-Misbah. Prof Quraish Shihab juga meraih Penghargaan dari Syaikhul Al-Azhar Mesir.

Tak hanya dari segi silsilah, Prof Quraish Shihab juga teruji secara keilmuan. Ia dihormati berbagai kalangan karena kemampuan akademik dan agama yang jempolan.

Begitu pun Prof Quraish Shihab sadar ada pergeseran persepsi terkait habib di Indonesia. Di Indonesia, habib berkembang menjadi sebuah kesan. Yakni, kesan menjadi orang yang berilmu wahid dan dekat dengan Rasul.

Prof Quraish Shihab juga mengkhawatirkan adanya kemungkinan asosiasi Rasul dengan dirinya. Singkatnya, gelar habib di Indonesia menurut Quraish terkesan “mengandung unsur pujian.” Maka, ia berkukuh menolak memakai gelar habib, meski berhak.

Dalam buku biografinya, “Cahaya, Cinta, dan Canda”, Prof M Quraish Shihab mengatakan bahwa ia keberatan menyandang gelar tersebut karena pengertian dan kesan tentang habib di Indonesia telah berkembang jauh. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here