QRCS Luncurkan Skema Perawatan Kesehatan Baru Untuk Warga Gaza

449
Seorang ahli berbicara tentang skema perawatan kesehatan QRCS baru untuk orang-orang di Gaza (Photo: The Peninsula Qatar)

Doha, Muslim Obsession Qatar Red Crescent Society The Peninsula (QRCS), salah satu organisasi filantropis di Qatar, telah meluncurkan skema perawatan kesehatan baru untuk orang-orang di Gaza.

QRCS telah meluncurkan skema dengan biaya $ 1 juta yang melibatkan ahli spesialis kontrak dalam operasi jantung, neonatologi, dan urologi, serta membangun kapasitas penyedia layanan kesehatan di daerah terpencil.

“Kami telah memulai dua program pendidikan kedokteran berkelanjutan,” kata Dr. Heba Al-Mahallawi, Petugas Proyek Kesehatan, di Kantor QRCS di Gaza, dilansir situs berita Qatar, Senin (2/4/2018).

“Skema untuk dua tahun tersebut diharapkan akan meningkatkan kualitas layanan perawatan kesehatan di Gaza,” tambahnya.

Dr Bassam Abu Ahmed, Koordinator Umum Program Kesehatan Masyarakat, Universitas Al-Quds Abu Dis, mengatakan, blokade dan tantangan ekonomi di Gaza memiliki dampak psikologis yang terlalu negatif.

Menurut statistik pemerintah, hampir 50% anak-anak Gaza menderita masalah psikologis dan perlu intervensi spesialis.

“Skema baru ini akan membantu para profesional kesehatan mental pemerintah dan LSM untuk mengembangkan pengetahuan mereka agar dapat menawarkan psikoterapi yang efektif,” katanya.

Salah satu penerima beasiswa Program Beasiswa Emir of Qatar, Dr. Iad Ar-Roubi, sekaligus Kepala Departemen Urologi di Kompleks Medis Shefaa itu mengatakan, dirinya kembali ke Gaza satu tahun yang lalu, setelah menyelesaikan beasiswa spesialisasinya di Qatar.

“Saya bekerja tidak hanya melayani pasien, tetapi juga memberikan pelatihan untuk rekan-rekan saya yang tidak dapat melanjutkan pendidikan kedokteran di luar negeri,” katanya.

Tahun lalu, QRCS melakukan 884 operasi khusus dan 12.884 konsultasi. Mereka juga baru meresmikan Departemen Pengujian Urodinamik.

“Dengan keahlian Dr. Ar-Roubi, sekarang rumah sakit dapat mengakomodasi operasi yang signifikan seperti pengangkatan batu ginjal, saluran kencing, atau kandung kemih,” kata Dr. Bashir Al-Hourani, ahli urologi. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here