Punya Masalah dengan Sariawan? Ini Cara Cepat Menyembuhkannya

304

2. Madu

Dai beberapa penelitian, madu ternyata efektif bisa mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari. Disarankan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi).

3. Daun sirih

Daun sirih memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah dan menjadi tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional. Untuk itu daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Minyak kelapa

Selain madu, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan. Minyak ini dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri, selain juga membantu mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan.

5. Obat kumur chlorhexidine

Chlorhexidine dapat membasmi bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat ini juga dapat mengobati perdarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi. Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati sariawan. Namun, efek samping chlorhexidine bisa membuat gigi dan lidah menjadi kecokelatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here