Puluhan Pemuda Eropa Berdecak Kagum Melihat Keindahan Masjid Turki

720
Masjid Selimiye di Edirne (Foto: AA)

Turki, Muslim Obsession – Para pemuda Eropa mengungkapkan kekaguman mereka atas sebuah masjid Turki di provinsi Edirne barat laut selama kunjungan mereka pada Senin (30/7/2018) waktu setempat.

Setidaknya ada 60 peserta dari Perancis, Belgia dan Jerman berada di Turki untuk berpartisipasi dalam program pelatihan tentang nilai-nilai agama dan budaya Turki yang diorganisasi oleh otoritas agama terkemuka di negara itu, yakni Diyanet.

Selama pelatihan mereka mendapat kesempatan untuk mengunjungi Masjid Selimiye di Edirne, yang mana oleh arsitek terkenal Turki kuno disebut Mimar Sinan atau maha karya.

Para peserta memuji desain dan keseluruhan keindahan masjid. Feyzullah Aktas, seorang peserta berusia 16 tahun dari Jerman, menyatakan kekagumannya yang besar atas keelokan masjid Selimiye.

“Saya sangat senang melihat tempat yang begitu indah, saya merasa terhibur,” katanya, seperti dilansir Anadolu, Selasa (31/7/2018).

Emrullah Uzum, mufti Edirne, juga menyatakan hal serupa. Dia menuturkan bahwa semua orang pasti akan terpesona melihat kecantikan Masjid yang memukau seperti itu. 

Tercantum dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, Masjid Selimiye terletak di kompleks Ottoman yang memiliki empat menara ramping.

“Bangunannya mendominasi cakrawala Edirne, bekas ibu kota Kekaisaran Ottoman, Kompleks Masjid Selimiye yang ditugaskan oleh Selim II adalah ekspresi arsitektur tertinggi oleh arsitek Sinan,” kata UNESCO. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here