PSBB, Ketua DMI Jusuf Kalla Meminta Shalat Jumat di Masjid Ditiadakan

66
Ketua DMI, Jusuf Kalla.

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meminta kepada segenap pengurus masjid agar tidak menyelenggarakan shalat Jumat seiring dengan pengetatan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota. Hal itu disampaikan Kalla dalam surat edaran resmi DMI pada Selasa (15/9/2020).

“Agar DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dan takmir masjid meminimalisasi atau menghentikan sementara kegiatan yang melibatkan jemaah, termasuk shalat Jumat sampai (pengetatan) PSBB dicabut kembali,” kata Kalla dalam keterangan tertulinya.

Pria yang akrab disapa JK ini Ia mengimbau masjid di luar perumahan, pasar, lokasi padat penduduk, hingga masjid yang hanya untuk persinggahan (masjid raya) ditutup sementara untuk menekan terjadinya penularan Covid-19.

Adapun, untuk masjid di wilayah perumahan, JK menyatakan, bisa diberikan kelonggaran dan tetap beroperasi sesuai protokol kesehatan dengan pembatasan jumlah jamaah. Jamaah yang diperbolehkan beribadah pun hanya yang berasal dari kompleks perumahan itu saja. Di luar itu tidak diperkenankan.

Hal senada disampaikan JK kepada masjid yang masuk dalam zona merah (risiko tinggi). Ia meminta pengurus menutup sementara masjid yang berada di zona merah, kecuali yang berada di kompleks perumahan dengan batasan yang ia jelaskan sebelumnya.

JK juga meminta seluruh pengurus masjid menjaga kebersihan sanitasi dan lingkungan masjid agar terbebas dari virus corona. “Para takmir agar menjaga sanitasi masjid dan melakukan penyemprotan disinfektan rutin,” tegasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here