Prof. Dr. Bahtiar Effendy Disekolahkan oleh Paman Anies Baswedan ke Amerika

319
Prof Dr H Bahtiar Effendy (Foto: REQnews)

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar wafatnya Prof. Dr. Bahtiar Effendy, Kamis (21/11/2019) meninggalkan duka yang mendalam terutama bagi keluarga besar Muhammadiyah. Bahtiar dikenal sebagai sosok intelektual Muslim yang mumpuni.

Bahtiar adalah Sarjana Ilmu Perbandingan Agama dari IAIN (sekarang UIN) Jakarta sekaligus pemegang Ph.D Ilmu Politik dari Ohio State University. Peraih dua gelar tingkat Master untuk Kajian Asia Tenggara dan Ilmu politik ini juga dikenal sudah lebih dahulu aktif dalam kalangan akademik.

Dalam sebuah acara, Ketua PP Muhammadiyah bidang Hubungan Luar Negeri itu mengungkapkan bahwa dirinya disekolahkan oleh paman dari Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Samhari Baswedan ke Amerika.

“Sebenarnya, Pak Gubernur ini adalah junior saya. Bukan hanya dalam hal umur, tapi juga dalam angkatan ketika beliau sekolah di luar negeri. Tetapi, yang justru menyekolahkan saya ke luar negeri adalah paman beliau, Samhari Baswedan. Jadi karena waktu itu Pak Anies masih kecil, saya dulu yang dikirim ke Amerika oleh pamannya,” ungkap pria kelahiran Ambarawa, 10 Desember 1958 itu, dikutip dari video Youtube tvMU Channel.

Lebih lanjut, penerima penghargaan Satya Lencana pada 2014 tersebut juga bisa disebut sosok yang humoris. Dalam acara yang sama, Bahtiar berkali-kali menggoda Anies Baswedan dan pimpinan MPR RI Zulkifli Hasan dengan guyonan.

“Saya belum pernah mendengarkan beliau (Zulkifli Hasan) berbicara seterang itu. Itu artinya beliau sudah tidak bisa lagi menahan hatinya. Sudah lama itu menggumpal, dan pasti responnya kurang begitu bagus kalau disampaikan di gedung MPR,” ucap Bahtiar disusul gelak tawa hadirin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here