Pria Ini Niat Umrah Terakhir Sebelum Mudik, Malah jadi Umrah Terakhir Seumur Hidup

108

Muslim Obsession – Menjadi tamu Allah di tanah suci adalah mimpi bagi hampir semua Muslim di seluruh dunia. Beruntung, Ismail Karayli, seorang pria asal India ini bisa mewujudkannya lebih mudah.

Ismail merupakan seorang ekspatriat di Arab Saudi. Sudah cukup lama berada di negeri orang, Ismail pun memutuskan untuk pulang kampung ke India.

Saat meninggalkan Arab Saudi, dalam benaknya ia ingin melakukan ibadah umrah perpisahan untuk terakhir kalinya sebelum naik pesawat ke India.

Namun, qadarullah, umrah yang diniatkan sebagai umrah terakhir sebelum pulang kampung, justru umrah yang ia laksanakan menjadi umrah yang terakhir dalam hidupnya.

Manusia memang tidak ada yang tahu kapan ajalnya tiba. Pria berusia 51 tahun itu akhirnya meninggal dunia.

Diketahui, Ismail bekerja di toko bahan makanan di Riyadh. Sejak dia selesai dengan pekerjaannya dan memutuskan untuk pensiun, dia berniat kembali ke negara asalnya demi bersatu kembali dengan keluarganya.

Konon, dilansir The Islamic Information, Kamis (7/1/2020) sebelum berangkat ke India, Ismail tidak yakin apakah hidupnya akan memberinya kesempatan untuk melakukan umrah lagi, sehingga ia memutuskan untuk umrah yang terakhir kalinya.

Selama umrah, Ismail merasa sangat sakit dan dibawa ke distrik Al-Zahr di Makkah. Menurut laporan tersebut, Saudi Red Cresent Authority telah membawanya ketika dia dalam kondisi kritis; kemudian, dia dibawa ke ICU. Lalu pada tanggal 17 Desember 2020, ia pun dinyatakan meninggal dunia.

Teman-temannya kemudian mengunjungi rumah sakit dan mengambil jenazahnya. Mujeeb Pookottur, seorang pekerja sosial terkenal di Makkah, mengambil kendali atas kasus tersebut dan mengarahkan KMCC (Pusat Kebudayaan Muslim Kerala) di Makkah untuk membayar semua tagihan untuk Ismail Karayli.

Ismail Karayil dimakamkan di Makam Sharaya. Semoga Allah melapangkan kuburannya dan mengampuni semua dosanya. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here