Preston Sambut Wali Kota Muslim Pertama Javed Iqbal

129

Muslim Obsession – Kota Preston secara resmi menyambut Anggota Dewan Javed Iqbal sebagai Wali Kota ke-693 dan Muslim pertama yang memegang posisi itu.

Penunjukan Anggota Dewan Iqbal yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota sepanjang 2020/21 itu dilakukan setelah Anggota Dewan David Borrow menjabat selama dua tahun akibat pandemi virus corona.

“Merupakan hak istimewa dan kehormatan untuk menjadi Wali Kota Preston – sebuah kota yang sangat berarti bagi saya dan di mana saya dan keluarga saya telah tinggal selama bertahun-tahun,” kata Anggota Dewan Javed Iqbal, dilansir Asian Image, Jumat (21/5/2021).

“Menjadi Wali Kota Muslim pertama di Preston adalah pengakuan yang tepat atas kota multikultural kami dan bagaimana kota ini terus berkembang dengan orang-orang dari berbagai ras, agama dan latar belakang yang hidup dan bekerja sama untuk membawa keragaman dan semangat ke tempat kami tinggal.”

“Sepanjang hidup saya, saya telah berusaha untuk membuat perbedaan positif bagi komunitas dan untuk memberikan suara kepada mereka yang mungkin tidak akan terdengar. Merupakan suatu kehormatan untuk melayani di Dewan Kota Preston dan merupakan kehormatan yang sangat besar untuk sekarang menjadi Walikota Preston,” urainya.

Siapa Anggota Dewan Iqbal?

Lahir di Pakistan, Anggota Dewan Iqbal pertama kali pindah ke Inggris pada tahun 1968 di mana dia menyelesaikan sekolahnya di Brockholes School dan Sixth Form College di Moor Park Avenue.

Dia bekerja dengan Royal Mail dan bertugas di Tentara Teritorial. Pada tahun 2007, Anggota Dewan Iqbal terpilih menjadi Dewan Kota Preston mewakili Lingkungan St Matthew.

Dia telah duduk di sejumlah komite termasuk mencakup berbagai aspek pekerjaan Dewan termasuk Komite Perencanaan di mana dia menjabat sejak 2017.

Awal bulan ini, Muslim Inggris dari Partai Buruh Sadiq Khan terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, berjanji untuk membangun “masa depan yang lebih baik dan lebih cerah” untuk ibu kota setelah pandemi.

Di AS, banyak Muslim juga memenangkan kursi wali kota baru-baru ini.

Farrah Khan memenangkan kursinya sebagai wali kota Irvine pada November sebagai Muslim dan wanita kulit berwarna pertama yang memegang kursi itu.

Dewan Kota Cambridge, Massachusetts, memilih Sumbul Siddiqui sebagai wali kota pada Senin, 6 Januari, menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih di kota itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here