Presiden: Modernisasi Harus Dibarengi Nilai Agama dan Tradisi

482
Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia (Photo: Istimewa)

Jakarta, Muslim ObsessionMuslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia 2018 disambut Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan modernisasi dalam gaya hidup harus dibarengi nilai-nilai agama dan tradisi.

“Tidak boleh juga melupakan norma-norma kita. Jangan sampai kita terlepas dari nilai-nilai keagamaan kita, jangan sampai lepas dari akar kebudayaan atau tradisi yang kita punyai,” kata Jokowi di Plenary Hall, Balai Sidang Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Jokowi berpendapat, generasi muda di seluruh dunia menuntut penggunaan teknologi dan gaya hidup terkini sehingga membuat negara-negara semakin membuka diri dan mengembangkan industri gaya hidup, tidak terlepas di sejumlah negara Timur Tengah.

Lebih lanjut, ia meminta industri kreatif termasuk industri busana yang berperan penting dalam industri gaya hidup untuk memunculkan nilai-nilai tradisi Indonesia.

Fashion yang paling baik, adalah bisa menciptakan perpaduan antara yang tradisional, yang tradisi, dan modern. Sehingga ciri khas ke-Indonesiaannya tetap bisa kita lihat dan kita baca,” ujar Presiden.

Menurutnya, industri busana memiliki potensi yang masih sangat besar. Peningkatan ekonomi masyarakat menjadi masyarakat kelas menengah juga menopang berkembangnya industri tersebut.

Tidak hanya itu, Presiden juga meminta industri busana untuk memperhatikan perkembangan teknologi dan e-commerce dalam mempromosikan atau menjual produk.

MUFFEST 2018 akan dihadirkan dengan peningkatan kualitas sehingga dapat menjadi barometer fashion muslim global dan destinasi belanja fashion muslim dunia dalam mewujudkan target Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia.

Untuk itulah, MUFFEST 2018 konsisten menghadirkan area exhibition (pameran dagang) untuk 200 brandfashion muslim Indonesia yang memperkuat konsep ritel atau B2C (Business to Customer). Sekaligus mengarah pada B2B (Business to Business) untuk konsumen ritel maupun buyer. 

Area pameran dagang akan terbagi menjadi beberapa zona sesuai dengan kategori busana, antara lain syar’i, evening, kids, men’s wear, hingga wedding.

Menunjang pameran, digelar pula rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman karya 100 desainer dan brand fashion muslim di Indonesia, mulai dari gaya konvensional hingga kontemporer yang sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2018/2019. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here