Presiden Jokowi Resmi Tutup Konferensi Internasional dan Multaqa IV Alumni Al-Azhar Indonesia

455
Jokowi - Al-Azhar 1
Presiden saat menghadiri Penutupan Konferensi Internasional dan Multaqa Nasional IV Alumni Al Azhar Indonesia, di Aula Utama Gedung Islamic Center, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/10/2017). (Foto: Humas/Rahmat)

Mataram, MuslimObsession.com – Presiden Joko Widodo secara resmi menutup Konferensi Internasional dan Multaqa IV Alumni Al-Azhar di Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis petang (19/10/2017).

Dalam sambutannya, Presiden memuji Al-Azhar sebagai institusi ilmiah yang berhasil mencetak generasi dengan pemikiran-pemikiran besar dalam berdakwah.

“Kenapa saya datang ke sini? Saya tahu Al-Azhar adalah institusi besar dengan pemikiran-pemikiran besar,” kata Presiden seraya menyinggung pertemuannya dengan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Muhammad Ahmed El Tayeb, pada bulan Februari tahun 2016 silam.

Saat itu, menurut Presiden, Grand Syeikh Al Azhar menyampaikan pentingnya moderasi Islam dan toleransi. Pesan itu dinilai Presiden cocok dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara besar dengan keberagaman suku, agama, bahasa, dan budaya.

“Saya mendukung sekali tema muktamar konferensi kali ini yaitu mengenai moderasi Islam dan toleransi Islam,” ungkap Presiden, dikutip dari siaran resmi Istana.

Pada kesempatan itu Presiden juga berharap niat baik para alumni Al-Azhar dapat terwujud dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan negara Indonesia.

“Saya sangat menghargai pertemuan muktamar ini. Semoga hasil konferensi yang ada bermanfaat bagi kita semua dalam rangka moderasi Islam dan membangun toleransi yang baik,” harap Presiden.

Sebelumnya, dalam kesempatan terpisah, Prof. Quraish Shihab selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar, menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut. Menurutnya, kehadiran Presiden memberikan kebanggaan tersendiri bagi para alumni Al Azhar di Indonesia maupun di seluruh dunia.

“Hari ini di koran terbesar di Mesir disampaikan Bapak Presiden Republik Indonesia akan menghadiri acara ini, sekali lagi terima kasih Bapak Presiden,” ucap Prof. Quraish Shihab dalam sambutannya.

Konferensi Internasional dan Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia berlangsung selama tiga hari, mulai 17 Oktober 2017 sampai 19 Oktober 2017. Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur NTB M Zainul Majdi. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here