Presiden Jokowi Kembali Masuk Daftar Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

1257
Jokowi - Peci
Presiden RI, Joko Widodo.

Jakarta, MuslimObsession.comThe Muslim 500 kembali menerbitkan daftar tokoh muslim paling berpengaruh edisi 2018. Terdapat nama Presiden RI Joko Widodo di urutan ke-16. Posisi ini turun dibandingkan tahun sebelumnya, dimana Presiden Jokowi berada pada peringkat ke-13.

Di daftar 50 teratas, Presiden Jokowi didampingi Dr. KH. Said Aqil Siradj yang berada di urutan ke-22. Tahun sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu berada di peringkat ke-20.

Satu lagi nama beken tokoh muslim Indonesia yang masuk di daftar 50 teratas adalah Habib Luthfi bin Yahya. Ra’is ‘Am Jam’iyah Ahlu Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) itu berada di peringkat ke-41.

the Muslims 500 - 2018

Beberapa nama besar lainnya adalah Grand Syeikh Universitas Al-Azhar Dr Syeikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb (1), Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud (2), Raja Abdullah II (3), Ayatollah Ali Khamenei (4), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (5), Raja Mohammed VI (6), Syeikh Muhammad Taqi Usman (7), Grand Ayatollah Sayyid Ali Hussein Sistani (8), Syeikh Abdullah bin Bayyah (9), dan Habib Umar bin Hafiz (10).

Para tokoh dalam daftar tersebut dianggap memiliki pengaruh di lingkungannya. Utamanya di bidang budaya, ideologi, atau politik dan berdampak pada umat Islam di dunia.

The Muslim 500: The Wolrd’s 500 Most Influential Muslims diterbitkan the Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), yakni badan penelitian independen yang berafiliasi dengan Institut the Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought yang berkantor pusat di Amman, Yordania. (Fath)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here