Presiden Erdogan Desak Putin untuk Pemulihan Perdamaian di Idlib Suriah

50

Muslim Obsession – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan akan mengunjungi Rusia untuk membahas perkembangan regional yang sedang berlangsung – termasuk krisis Idlib di Suriah, dengan harapan bahwa Turki akan dapat menekan Vladimir Putin untuk menegakkan ketentuan kesepakatan 2018. Erdogan akan tiba di Sochi pada hari Rabu (29/9/2021) atas undangan Putin, demikian laporan Kantor Berita Ihlas (IHA).

Erdogan akan mengangkat masalah serangan baru-baru ini terhadap tentara Turki di pos pengamatan di Idlib serta diskusi terbuka tentang cara yang lebih efisien untuk melakukan patroli bersama dengan militer Rusia.

Diharapkan juga bahwa keduanya akan berbicara tentang berbagai tindakan pencegahan yang perlu mereka ambil terhadap kelompok teroris.

Kedua pemimpin diharapkan untuk membahas hubungan bilateral antara Ankara dan Moskow, perkembangan regional saat ini, dan masalah internasional, dengan penekanan khusus pada Kaukasus, Suriah, Libya dan Afghanistan.

Pertemuan itu akan menandai pertama kalinya kedua presiden bertemu secara langsung dalam lebih dari setahun.

Kremlin juga mengumumkan bahwa berbagai aspek kemitraan Rusia-Turki di bidang politik, komersial dan ekonomi menjadi agenda pertemuan.

Erdogan juga diperkirakan akan membahas pembelian batch kedua sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia, yang telah menjadi titik pertikaian dengan sekutu NATO AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here