Prabowo Terancam Batal Nyapres

562

Jika pasangan Prabowo-Sandiaga Uno terjadi, ini sejarah baru. Pasangan capres-cawapres dari satu partai. Didukung oleh sejumlah partai lain. Hebat. Tapi, kemungkinannya memang sangat kecil untuk terjadi.

Melihat situasi ini rasanya sulit membayangkan Prabowo dapat tiket maju. Boleh dikatakan, jalan makin buntu. Jika mau dipaksakan, peluangnya hanya berkoalisi bersama PKS dengan mengambil Habib Salim Segaf sebagai cawapres. Karena tak yakin menang, Prabowo nampaknya tetao berat hati mengambil Habib Salim.

Prabowo dan Gerindra mesti sadar. Situasi sekarang sulit memaksakan Prabowo maju untuk nyapres. Dalam situasi seperti ini, langkah Prabowo mundur jauh lebih realistis. Berikan kepada tokoh lain. Tokoh yang tentu saja potensial menang lawan Jokowi. Dan Prabowo jadi dirijen koalisi. Pegang peran sentral dan penentu pasangan capres-cawapres.

Jika langkah ini tak diambil Prabowo, besar kemungkinan Prabowo akan ditinggalin. Komunikasi politik deadlock, poros lama bubar. Akan muncul poros baru. Poros baru ini gabungan dari PKS, PAN dan Demokrat. 150 kursi. Cukup untuk satu tiket maju.

Atau, PKS, PAN dan PKB dengan jumlah kursi 136. Dengan catatan, Cak Imin punya nyali untuk keluar dari kubu Jokowi. Bergantung siapa capres yang mungkin dapat pinangan dari partai-partai poros baru itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here