PPKM SBY Sibuk Melukis, Hadiah Untuk Ibu Ani

120

Jakarta, Muslim Obsession – Selama PPKM ini banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan mengisinya melalui kegiatan positif. Seperti halnya yang dilakukan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia seolah menemukan hobi baru dengan sibuk melukis. Meski SBY disebut sudah lama punya kepintaran melukis. Namun hasrat itu kini kembali disalurkan dengan membuat bebarapa karya seni lukis.

“Beliau mulai melukis lagi sekitar 2 bulan ini di studio lukis di rumah beliau di Cikeas. Inspirasi beliau sumbernya bisa bermacam-macam. Imajinasi, foto karya Ibu Ani maupun fotografer lainnya,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Sabtu (7/8/2021).

Melalui akun media sosialnya, Herzaky juga mengunggah foto SBY yang mengenakan topi khas pelukis tengah berada di sejumlah karya lukisannya.

Salah satu lukisan yang dipamerkan adalah lukisan ombak di tepi pantai yang diberi judul “Debur Ombak di Pantai Pacitan”.

“Sambil menjalankan PPKM, SBY memilih untuk melukis di studio di kediamannya. Mengelola dan meresapkan pengalaman dan perjalanan batin beliau dalam memimpin bangsa ini selama sepuluh tahun dan dalam mencermati situasi terkini bangsa ini,” tulis Herzaky.

Herzaky menuturkan, melukis memberi kesempatan bagi SBY untuk menjalani kehidupan setelah berpulangnya isti SBY, Ani Yudhoyono pada 2019 lalu.

“Karena bagaimanapun, kehilangan cinta sejati dan pendamping hidup seperti Ibu Ani, tentu juga sangat membekas bagi beliau,” tulis Herzaky.

Hadiah untuk Ani Yudhoyono

Melukis tampaknya memang menjadi medium bagi SBY untuk meluapkan rasa cintanya kepada Ani Yudhoyono.

Pada 6 Juli 2021 lalu misalnya, memperingati hari kelahiran Ani, SBY menghabiskan waktu membuat lukisan sebagai hadiah ulang tahun bagi mendiang sang istri.

Lukisan itu dibuat karena SBY dan keluarga tidak berziarah ke makam Ani di TMP Kalibata demi menghormati aturan PPKM yang diterapkan pemerintah.

“Sebagai gantinya, siang dan sore hari ini saya melukis, dan lukisan ini meskipun dunianya berbeda, dengan izin Allah, saya persembahkan untuk istri tercinta,” kata SBY dalam video yang diunggah akun Instagram milik putra sulungnya, Agus Yudhoyono.

SBY mengatakan, lukisan tersebut sebetulnya berasal dari foto pemandangan hasil jepretan Ani Yudhoyono pada 2015.

“Oleh karena itu, tepat di hari kelahirannya ini, siang dan sore hingga sekarang ini saya melukis sebuah pemandangan yang indah, yang manis, dan mengirimkan surat Al Fatihah semoga istri tercinta hidup tenang di sisi Allah SWT,” ujar SBY.

Dalam video itu, terlihat SBY tengah berada di ‘studio’ miliknya yang diisi dengan beragam jenis kuas dan cat.

SBY juga memberikan hadiah lukisan kepada anak bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas ketika Ibas baru menyelesaikan pendidikan S3.

“Lukisan itu benar-benar membawa kesan tersendiri untukku. Karya lukis pertama dari Pepo SBY dalam pesan tersirat yaitu: “The New Beginning” – Fajar Membawa Harapan,” tulis Ibas. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here