PPKM Kembali Diperpanjang Hingga 4 Oktober 2021

54
Petugas gabungan saat penyekatan mobilitas di jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (20/7/2021). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Pemerintah Indonesia memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu hingga 4 Oktober mendatang untuk mengendalikan penularan Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tidak ada satu pun wilayah di Pulau Jawa-Bali yang berstatus level 4 dalam perpanjangan kali ini.

Tren kasus Covid-19 di Jawa-Bali juga menunjukkan perbaikan, di mana angka kasus harian menurun 98 persen dibanding 15 Juli 2021 ketika angka penularan di Indonesia mencapai puncaknya akibat varian Delta.

Angka reproduksi virus di Indonesia juga telah menurun menjadi 0,98 yang berarti setiap satu kasus Covid-19 secara rata-rata menularkan ke 0,98 orang. Menurut Luhut, capaian ini terjadi untuk pertama kalinya sepanjang pandemi di Indonesia.

“Meski demikian, Presiden (Joko Widodo) dalam rapat terbatas tadi pagi mengingatkan agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu,” kata Luhut melalui konferensi pers virtual, Senin.

Dalam perpanjangan kali ini, pemerintah juga akan melakukan uji coba untuk mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun di pusat perbelanjaan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pemerintah juga mengizinkan bioskop pada wilayah dengan PPKM level 3 dan 2 dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Restoran di fasilitas olahraga yang berada di luar ruangan dapat beroperasi dengan kapasitas 50 persen.

Perkantoran non-esensial di wilayah dengan PPKM level 3 juta dapat memberlakukan sistem bekerja di kantor dengan kapasitas 25 persen.

Luhut juga menuturkan bahwa pemerintah akan membuka kembali aktivitas secara perlahan dan bertahap untuk menghindari lonjakan kasus.

“Kami tidak akan melakukan perubahan drastis, jadi mohon pengertian masyarakat,” tutur dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan PPKM di luar Pulau Jawa-Bali juga diperpanjang selama dua minggu.

Terdapat 10 daerah yang masih harus menerapkan PPKM level 4 dalam perpanjangan kali ini, yakni Aceh Tamiang, Pidie, Bangka, Padang, Banjarbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Tarakan, dan Bulungan.

Pemerintah, kata dia, juga tengah mewaspadai potensi masuknya varian Covid-19 yang baru seperti varian Mu dan Lambda.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here