PPIH Gelar Simulasi Layanan Haji

490
Haji
Ilustrasi jamaah haji

Jakarta, Muslim Obsession – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1439H/2018M menggelar simulasi layanan haji di Arab Saudi. Simulasi berlangsung di asrama haji Pondok Gede, Ahad (3/5/2018).

Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag), Khoirizi H Dasir mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan haji ditentukan oleh komitmen petugas haji dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Simulasi sendiri dibagi berdasarkan daerah kerja (Daker) petugas haji, yaitu Daker Madinah, Daker Makkah, dan Daker Bandara.

“Kami berharap dengan adanya simulasi ini, petugas bisa memahami tugas masing-masing serta memantapkan kerja sama dan kebersamaan antar sektor,” ujar Khoirizi.

Ia menekankan tentang pembiasaan masalah melalui gladi ini guna menyiapkan para petugas memitigasi yang bakal mereka hadapi di Tanah Suci. “Penyelenggaraan haji tidak luput dari masalah. Namun dengan adanya petugas haji diharapkan mampu meminimalisir masalah,” katanya.

Ada beberapa bidang yang perlu diperhatikan dalam simulasi ini, yaitu: bidang transportasi, akomodasi, pelayanan umum dan kesehatan, serta tak kalah penting bidang konsumsi serta sanitasi. Dalam proses simulasi ini, Khoirizi optimis para petugas dapat mengaplikasikan teori yang sudah didapat dalam kelas pendalaman.

“Saya optimis petugas haji mampu bertugas dengan baik, karena Allah itu sesuai prasangka hamba-Nya. Namun jangan pula sampai menjadi takabur meski sudah digembleng selama 10 hari,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pelatihan Petugas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Syarif Rahman mengatakan gladi posko dan simulasi ini dilakukan untuk memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan sesuai bidang masing-masing.

Selain itu, gladi dimaksudkan menggali kreatifitas petugas pada saat menghadapi situasi yang terjadi dilapangan. “Tujuannya memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan untuk menghadapi situasi yang terjadi dilapangan nantinya,” kata Syarif. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here