Polisi Buru Pria Penendang Sesajen di Kawasan Semeru

93

Jakarta, Muslim Obsession – Polisi kini tengah mencari pria yang menandang dan membuang sesajen di Kawasan Erupsi Semeru yang sebelumnya viral di media sosial dan menuai kencaman publik.

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, saat ini pihaknya masih memburu pria dalam rekaman video yang menendang sesajen tradisi ruwatan tersebut.

“Kita masih melakukan pencarian terhadap pelakunya. Mohon dukungannya,” kata Eka dalam keterangan tertulisnya, Ahad (9/1/2022).

Diduga makanan yang dibuang oleh pria tersebut berasal dari tradisi ruwatan warga Sumbersari, Lumajang, Jawa Timur.

Cederai Kerukunan Beragama

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang Muhammad Muslim menyayangkan tindakan seorang pria dalam video viral itu.

Tindakan yang dilakukan pria dalam video, kata Muslim, telah mencederai kerukunan beragama yang ada di Lumajang, Jawa Timur.

“Saya juga baru tahu itu dari media sosial,” ucap Muslim.

Muslim melanjutkan tindakan tersebut semestinya tak dilakukan karena akan menyakiti hati warga. Terlebih perbuatan itu dilakukan secara sengaja dan direkam.

“Artinya ada tindakan kesengajaan dari dia untuk menimbulkan hal-hal yang tidak kondusif di Lumajang,” kata dia.

Menurut Muslim, antartokoh agama di Kabupaten Lumajang sudah menyepakati moderasi beragama. Tindakan yang dilakukan pria tersebut jelasnya sudah mencederai moderasi.

“Yang saya lihat itu ada di secamam stupa, kalau itu betul berarti (punya) orang Hindu,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan seorang pria viral di media sosial karena terekam kamera membuang dan menendang makanan yang diduga berupa sajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Pengunggah video tersebut @Setiawan3833 di Twitter mengatakan sajen itu berasal dari tradisi ruwatan warga Sumbersari, Lumajang.

“Janganlah berlaku sombong dengan tidak menghormati kearifan lokal, adat dan budaya lainnya. Kejadian di Sumbersari, Lumajang,” tulis pengunggah.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyayangkan aksi pria itu dan meminta polisi serta relawan untuk mencari pria itu dan melakukan klarifikasi.

“Saya minta segera untuk dicari, dan saya minta harus untuk pelaku mengklarifikasi supaya ini tidak menganggu kami yang ada di Lumajang, yang saat ini damai,” kata Thoriq. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here