PM Turki Minta PBB Reformasi

472
Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim (Foto: Anadolu)

Azerbaijan, Muslim Obsession – Lantaran tidak dapat mengakhiri masalah dunia, Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim meminta agar PBB melakukan reformasi, Kamis (15/3/2018).

Hal tersebut dikatakan pada forum Baku yang diadakan di Azerbaijan. Selain itu, ia mengatakan dunia membutuhkan sistem PBB yang bisa memcahkan masalah, bukan menciptakan perselisihan.

“Dewan Keamanan PBB gagal memberikan respon yang dibutuhkan terhadap sengketa-sengketa global, sementara itu kemanusiaan semakin terpuruk dan senjata kimia masih saja digunakkan,” kata Yildirim seperti dilansir Anadolu, Kamis (15/3/2018).

Ia juga mendesak agar struktur PBB dibuat berdasarkan kepercayaan, karena perdamaian dan solidaritas hanya bisa dicapai bila tidak ada standar ganda dalam mengatasi konflik.

Yildirim mengatakan Turki adalah negara yang bisa dipercaya bagi sekutu-sekutunya dan juga tokoh perdamaian dan kemakmuran di kawasan Timur Tengah, Balkan, dan Kaukasus. Ia memberikan contoh keterbukaan Turki melindungi 3,5 juta pengungsi Suriah.

“Bila kami tidak melakukan itu, ketidakstabilan akan semakin meningkat di kawasan sekitar, membuatnya hampir tidak mungkin meredam insiden-insiden teror,” terangnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengkritik Dewan Keamanan, yang dinilainya tidak becus menerapkan resolusi gencatan senjata Suriah. Erdogan juga mengatakan komposisi negara-negara anggota Dewan Keamanan tidak merepresentasikan dunia. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here