PM Malaysia Hingga Presiden Rusia Sampaikan Belasungkawa untuk Lombok

429
PM Malaysia Mahathir Mohamad bersama Presiden RI Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menyampaikan rasa belasungkawa dan simpatinya atas gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Ahad (5/8/2018).

Melalui pembicaraan telepon, PM Mahathir menyampaikan rasa duka cita tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (7/8/2018).

“Yang Mulia Tun Mahathir, terima kasih atas telepon Bapak. Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kepedulian pemerintah dan rakyat Malaysia terhadap bencana gempa bumi di Lombok Utara yang juga terasa di Bali dan juga Jawa bagian timur,” kata Presiden di Istana Merdeka, yang dikutip Muslim Obsession dari laman resmi Setkab, Rabu (8/8/2018).

Kepada PM Mahathir, Presiden menceritakan kejadian gempa dan menyampaikan jumlah korban meninggal dunia hingga saat ini yaitu 105 orang dan korban luka-luka sebanyak 236 orang.

Saat ini, tutur Presiden, penanganan dampak bencana dan proses evakuasi terus dilakukan, termasuk melakukan evakuasi warga negara asing.

“Sekali lagi, terima kasih atas persaudaraan yang ditunjukkan Malaysia. Terima kasih atas telepon Tun Mahathir yang sedang berada di Jepang,” pungkas Presiden.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Orang nomor satu di Negeri Beruang Merah itu menuliskannya melalui telegram yang diunggah pada situs resmi Istana Kepresidenan, Kremlin, sebagaimana dikutip dari TASS Russian News Agency, Rabu (8/8/2018).

“Terimalah ungkapan belasungkawa saya yang terdalam atas tragedi dan musibah besar yang disebabkan oleh gempa kuat di Pulau Lombok. Saya meminta Anda (Jokowi) untuk menyampaikan simpati serta dukungan kepada keluarga dan teman-teman korban yang meninggal dan semoga semua yang terluka cepat pulih.” (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here