PM Kanada Justin Trudeau Donasi 25 Juta Dolar untuk Palestina

166
PM Kanada Justin Trudeau

Muslim Obsession – Komunitas Muslim Kanada berterima kasih kepada Perdana Menteri Justin Trudeau atas pengumumannya tentang paket bantuan senilai $ 25 juta sebagai tanggapan atas krisis kemanusiaan di Palestina.

“Ribuan orang Kanada dari seluruh negeri menulis surat kepada Perdana Menteri untuk menarik perhatiannya pada kebutuhan mendesak dan kritis untuk bantuan kemanusiaan bagi Palestina, dan untuk langkah-langkah berkelanjutan yang mengatasi akar krisis ini,” kata Fatema Abdalla, Dewan Nasional Kanada Koordinator Komunikasi Muslim (NCCM) dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di Muslim Link, dikutip Senin (31/5/2021).

Paket ini merupakan langkah ke arah yang benar untuk mengangkat rakyat Palestina dari kehancuran yang mereka hadapi setelah pasukan Israel menyerang beberapa sasaran sipil di Gaza dan Tepi Barat.

Trudeau menjanjikan dana tersebut dalam rilis pers hari Jumat, menambahkan bahwa dana itu akan diberikan langsung ke organisasi berpengalaman yang akan membantu warga sipil Palestina yang paling rentan setelah konflik.

“Kekerasan baru-baru ini di wilayah itu mengkhawatirkan – kita semua telah melihat gambar-gambar mengganggu warga sipil yang terlantar, kehilangan nyawa dan rasa sakit yang menimpa keluarga,” ungkap Trudeau.

Bantuan Kanada akan mencakup $ 10 juta untuk bantuan makanan mendesak, tempat tinggal, air, sanitasi dan kebersihan, serta dukungan psikososial untuk anak-anak. $ 10 juta lainnya akan digunakan untuk upaya kemanusiaan dan pembangunan kembali, seperti infrastruktur medis yang penting.

Setidaknya 248 warga Palestina tewas, termasuk 65 anak-anak dan 38 wanita, dalam serangan Israel di Jalur Gaza dari 10 Mei hingga 21 Mei.

Sebuah pernyataan kementerian mengatakan bahwa serangan itu menyebabkan 1.620 orang terluka parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here