Petugas Sita Barang Jemaah di Asrama Haji Surabaya

361
Petugas menyita barang bawaan jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Selasa (17/7/2018). (Foto: Istimewa)

Surabaya, Muslim Obsession – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah lama mengimbau agar jemaah haji tidak membawa barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke Arab Saudi.

Tetapi, sebagian jemaah menganggap angin lalu imbauan tersebut. Karena bandel, petugas mengambil tindakan tegas yakni menyita sejumlah barang bawaan jemaah haji kloter I asal Situbondo, Jawa Timur (Jatim), saat akan keluar dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Selasa (17/7/2018).

Barang bawaan jemaah haji yang disita petugas antara lain batu kerikil, paku, tang, pisau, dan sejenisnya.

Humas PPIH Embarkasi Surabaya Isnawati menjelaskan, barang barang yang disita petugas berasal dari puluhan jemaah haji kloter I asal Situbondo dan kloter II asal Bondowoso.

“Jauh hari kami sudah sosialisasi agar jemaah haji tidak membawa barang-barang yang memang tidak dibenarkan untuk dibawa ke Arab Saudi. Namun sebagian jemaah tidak mengindahkan imbauan tersebut,” kata Isnawati dalam keterangan tertulis Humas Kementerian Agama, Selasa (17/7/2018).

Pemberangkatan jemaah haji perdana asal Jatim yang terbagi dalam 3 kloter tersebut berjumlah 1.350 jemaah dengan rincian 450 jemaah per kloter.

“Total jemaah haji asal Jatim yang berangkat ke tanah suci berjumlah 37.055 jemaah haji,” ujar Isnawati. (arh)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here