Petuah Ibunda kepada Jokowi: Ikhlas, Jujur, dan Benar

1198
Jokowi dan Ibunda (Foto: Jitunews)

“Le, sing ikhlas ya, sing jujur ya, kalau kerja itu yang bener”.

Muslim Obsession – Petuah ini paling sering didengar Joko Widodo dari Ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, jauh sebelum dirinya menjadi ‘orang penting’ sebagai Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, atau Presiden RI seperti saat ini.

Petuah lainnya yang kerap mampir di telinga Jokowi saat berkomunikasi melalui sambungan telepon adalah wejangan kepada sang anak untuk tidak lupa menunaikan shalat lima waktu dan tidak melupakan rakyat yang telah memilih dirinya. “Kalau diberi amanah sama Allah, dijalankan. Berikan yang terbaik kepada rakyat dengan ikhlas,” ujar Sudjiatmi.

Bagi Jokowi, petuah atau wejangan Sudjiatmi adalah perintah yang tak boleh dibantah. Sang ibunda adalah ‘keramat’ bagi Jokowi yang akan selalu dijaga, diikuti nasihatnya, serta dimintai doa dan restunya. Jadi, tak heran kalau setiap pulang ke rumahnya di kawasan Sumber, Banjarsari, Surakarta untuk menemui Sudjiatmi, Jokowi kerap sungkem sebagai tanda bakti dan permohonan doa-restu.

Meski terlahir di lingkungan tradisi Jawa yang kuat. Namun, ajaran Islam melekat erat dalam diri Jokowi dan keluarga. Sang ayah Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi memiliki peran penting dalam hal ini. “Bapak dan Ibu saya itu dua-duanya haji. Keluarga saya sudah jelas. Orang juga sudah kenal semua. Kakek saya lurah dari Karanganyar. Kalau kakek dari Ibu adalah pedagang kecil,” terang Jokowi dalam sebuah kesempatan.

Sujiatmi bahkan merupakan sosok muslimah taat. Selain berhijab, ia juga aktivis majelis taklim di kampungnya. Keislaman Sudjiatmi semakin terlihat saat ia begitu tenang menghadapi setiap fitnah yang tertuju pada Jokowi, dirinya, dan keluarganya. “Saya mendoakan yang memfitnah mendapatkan bimbingan Allah Swt. karena yang dituduhkan tidak ada buktinya dan keluarga saya tidak ada yang terlibat. Bila terhadap yang dituduhkan kita tidak melakukan maka isyarat dukungan Tuhan adalah kita diberikan ketenangan, Alhamdulillah saya sangat tenang menghadapi semua ini,” tegas Sudjiatmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here