Pesona Alam Kulon Progo

65
Kulon Progo (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Yogyakarta menawarkan sejuta pesona bagi para wisatawan. Daerah istimewa satu ini memiliki banyak tempat wisata yang tak cukup untuk dijelajah hanya dengan sehari saja. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner hingga alam dapat Anda temui di kota pelajar ini.

Salah satu daerah yang yang menjadi destinasi wisata di Yogyakarta adalah Kulon Progo. Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten Provinsi DIY yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara.

Kulon Progo menawarkan wisata alam yang masih terbilang asri seperti air terjun, kebun teh, pantai, dan masih banyak lagi. Beberapa dari tempat wisata di Kulon Progo ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat namun ada pula tempat wisata di Kulon Progo yang dikelola oleh warga.

Berikut 6 tempat wisata di Kulon Progo yang dapat menjadi tujuan wisata Anda saat berada di Yogyakarta dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (12/3/2019)

Kalibiru


Kalibiru merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini Anda dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru Anda akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here