Pesepakbola Muslim Berusia 79 Tahun Ini Selamat dari Dua Serangan Jantung

97

Muslim Obsession – Digambarkan sebagai ‘Batu Blackburn’ karena atribut pertahanannya, Yakub Bhola yang berusia 79 tahun bukanlah pesepakbola biasa, melainkan pembuat sejarah dan panutan yang luar biasa.

Setelah melakukan shalat subuh, lelaki tua Muslim itu berjalan beberapa mil sehari sebelum bertemu teman-temannya untuk pertandingan sepak bola jalan kaki setempat setiap hari Rabu.

Grup sepak bola jalan kaki dimulai oleh Blackburn Rovers Community Trust yang didukung oleh AHF FC pada tahun 2019.

Bertahan dari dua serangan jantung, Yakub bermain sepak bola dengan rekan satu timnya, banyak di antaranya jauh lebih muda darinya dan berusia lima puluhan, di Pleckgate High School, Blackburn.

“Saya adalah pemain tertua di sana. Saya mulai bermain sebagai striker dan melakukannya dengan cukup baik jika saya boleh mengatakannya. Saya mengambil beberapa penghargaan man of the match. Saya telah kembali ke pertahanan sekarang,” ujar Yakub, yang datang ke Inggris dari Zambia pada tahun 1989, mengatakan kepada Lancashire Telegraph, dikutip Jumat (13/8/2021).

“Saya telah berbicara dengan orang lain di masjid lokal saya untuk datang dan bermain juga. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka tidak tahu cara bermain sepak bola. Tapi saya katakan kepada mereka itu tidak masalah. Mereka akan segera menguasainya seperti yang saya lakukan.”

“Saya sangat berterima kasih karena mereka mengenakan ini untuk pemain yang lebih tua. Itu telah banyak membantu kami semua.”

Yakub, yang menjalani total tiga operasi untuk membuka blokir arteri, berharap untuk terus bermain selama dia bisa.

“Masa depan ada di tangan Allah. Jika Allah menghendaki sesuatu terjadi maka itu akan terjadi. Orang harus menjalani hidup semaksimal mungkin,” katanya.

Pendekatan Muslim terhadap olahraga seringkali ditentukan oleh faktor agama, budaya, dan etnis.

Secara umum, Islam mempromosikan kesehatan dan kebugaran yang baik dan mendorong pria dan wanita untuk terlibat dalam aktivitas fisik untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here