Pesantren Lorong Raudhah Inspirasi Bagi Program Desa Madani Parmusi

220
Ketua Umum Muslimah Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) Nurhayati Payapo saat berkunjung ke Pesantren Lorong Raudhah di Makassar, Senin (15/2/2021). (Foto: istimewa)

Makassar, Muslim Obsession – Ketua Umum Muslimah Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) Nurhayati Payapo mengatakan, Pesantren Lorong Raudhah yang didirikan Ustadz Rahim Mayau dapat menjadi inspirasi bagi PP Parmusi untuk mendirikan lembaga yang sama di daerah lainnya di Tanah Air.

Hal ini dikemukakan Nurhayati saat bersilaturahim dengan PW Parmusi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Ponpes Lorong Raudhah yang terletak di Kompleks Mangga Tiga Permai Daya Makassar, Senin (15/2/2021).

“Suasana di lingkungan Pesantren Lorong Raudhah ini penuh dengan rasa kekeluargaan. Menurut saya ini sangat luar biasa dan mungkin bisa digunakan sebagai pola atau model Desa Madani PARMUSI (DMP) yang menjadi prioritas program Parmusi,” ungkap Nurhayati kepada Muslim Obsession, Rabu (17/2/2021).

Nurhayati yang juga menjabat Ketua PP Parmusi Bidang Sosial ini mengaku kagum dengan pola pendidikan yang diterapkan di Pesantren Lorong Raudhah. Ia mengaku baru pertama kali melihat pola pendidikan seperti yang diterapkan di pesantren yang dibina PW Parmusi Sulsel tersebut.

“Ini belum pernah saya lihat, dimana hampir seluruh warga di perumahan Kompleks Mangga Tiga Permai Daya Makassar terlibat dalam programnya. Saat memasuki Lorong Raudhah, kami merasakan suasana yang sangat islami. Di beberapa halaman rumah warga digunakan sebagai tempat belajar dan mengajar Al-Quran, ada kelompok anak-anak, remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak yang tidak merasa minder untuk belajar Al-Quran dengan buku Iqro di tangannya,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia berharap agar Pesantren Lorong Raudhah dapat menambahkan tiga pilar lainnya untuk menopang terwujudnya Desa Madani Parmusi, yakni peningkatan ekonomi umat, pemberdayaan sosial, dan peningkatan mutu pendidikan.

“Alangkah bagusnya jika suatu saat nanti Ketua Umum PP Parmusi bersama Pengurus Harian yang terkait dengan Desa Madani Parmusi mengunjungi Pesantren Lorong Raudhah ini sebagai ilustrasi untuk mendirikan Desa Madani Parmusi lainnya di seluruh Indonesia,” harapnya.

Kedatangan Nurhayati di Pesantren Lorong Raudhah didampingi Ketua PW Parmusi Sulsel Ustadz Abubakar Wasahua dan Ustadz Rahim Mayau yang juga merupakan Sekretaris PW Parmusi Sulsel.

Pada pertemuan yang berlangsung santai ini Ketua PW Parmusi Sulsel juga melaporkan beberapa kegiatan terutama konsolidasi organisasi dan kegiatan yang lain. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here