Pesantren Bisa Terus Eksis, Ini Rahasianya

503
Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. Foto NU.

Semarang, Muslim Obsession – Banyak pertanyaan, bagaimana pesantren bisa terus eksis hingga saat ini?

Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar mengatakan, pesantren, beserta model pendidikan di dalamnya, mampu terus eksis dan bertahan sampai dengan saat ini karena sudah terbukti berhasil mencetak pribadi-pribadi yang memiliki kecerdasan kognitif (otak) dan dibarengi dengan kecerdasan afektif (sikap dan akhlak).

“Pesantren bisa bertahan karena model pendidikannya mampu memproduksi orang pintar yang berakhlak (bener). Di saat kita mengalami era darurat Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja),” kata Akhyar, seperti dikutip dari NU, Jumat (01/11/2019).

Menurutnya, pesantren merupakan asli peninggalan dari para Walisongo. Sistem pendidikan pesantren mengarusutamakan warisan salaf yakni menjaga sifat mulia, unggah-ungguh dalam kehidupan, takdzim (hormat) kepada guru dan hidup sederhana.

Nilai-nilai ini, diakui Akhyar sangat istimewa dan langka di tengah era pragmatisme dan transaksional yang menggerogoti sistem pendidikan lainnya.

“Ini merupakan tugas yang tak ringan bagi pesantren. Di satu sisi harus mencetak para santri yang berkualitas, di sisi lain mengemban amanat perjuangan ulama untuk menjaga akidah,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here