Pesan Nabi Daud Kepada Nabi Sulaiman

2436
Ilustrasi istana Nabi Sulaiman. (Foto: Nefoz)

Jakarta, Muslim Obsession – Siapa yang tidak kenal dengan Nabi Sulaiman AS, dia adalah nabi yang dikenal cerdik dan cerdas serta kaya raya karena memiliki Istana. Ketika Nabi Daud AS meninggal Nabi Sulaiman AS masih berumur tiga belas tahun.

Allah SWT mewariskan kenabian ayahnya kepada Sulaiman AS. Nabi Sulaiman AS berkuasa selama empat puluh tahun dan ia mulai melakukan pembangunan Bait-ul-Quds pada tahun ke empat kekuasaannya.

Jika Nabi Sulaiman dikenal dengan Nabi yang cerdas, dan punya kemampuan untuk berbicara dengan binatang, maka ayahnya Nabi Daud dikenal sebagai Nabi yang ahli dzikir. Karenanya Nabi Daud pernah memberikan pesan kepada Nabi Sulaiman tentang tiga hal yang bisa menjadi bukti ketakwaan seseorang.

Diriwayatkan dari Al Imam Al Mubarok, Abdullah Bin Al Mubarok Rahimahumullah berkata bahwa sebelum Nabi Daud meninggal dunia, ia berpesan kepada putranya Sulaiman tentang tiga ciri orang itu bertakwa kepada Allah SWT. Tiga ciri itu yakni:

Pertama, adalah kepasrahan dirinya hanya kepada Allah, kedua keridhoanya pada sesuatu yang sudah Allah berikan, dan ketiga kesabarannya terhadap sesuatu yang Allah cobakan.

Tiga pesan Nabi Daud ini disampaikan oleh Al Imam Al Baihaqi dalam Kitab Al Zuhdu Al Kabir halaman 966. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here