Parmusi Bekali Masyarakat di Sumut Keahlian Pengobatan Nabi

558

Medan, Muslim Obsession – Di sela-sela kegiatan Kafilah Dakwah Desa Madani Parmusi di Sumatera Utara, Pengurus Pusat Parsaudaraan Muslimin Indonesia (PP Parmusi) bersama Pengurus Wilayah Parmusi Sumut mengadakan kegiatan pelatihan thibbun nabawi atau pelatihan terapi kesehatan yang biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.

Ketua Umum Parmusi, H. Usamah Hisyam mengatakan, secara umum tibbun nabawi merujuk pada ucapan dan tindakan Nabi dalam proses pengobatan berbagai macam penyakit dengan metode tradisional. Sesuai hadits Nabi, Usamah menyebut bahwa setiap penyakit ada obatnya.

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit melainkan beserta penawarnya,” ujar Usamah membacakan hadits riwayat Imam Bukhari Muslim dalam kegiatan pelatihan thibbun nabawi Parmusi di Kota Medan, Selasa (10/9/2019).

Karena itu, Usamah menilai pelatihan ini penting guna membekali para kader Parmusi agar memiliki pengetahuan baik secara teori maupun praktik tentang tata cara pengobatan Nabi. Sebab, setiap manusia pasti adakalanya mengalami sakit, dan kader Parmusi bisa melakukan penyembuhan diri dengan kemampuan yang sudah dibekali.

“Syukur-syukur dengan pelatihan ini, para kader Parmusi bisa menjadi tabib membantu masyarakat yang sedang sakit. Sehingga ilmunya bermanfat. Karena dalam tibbun nabawi ini bukan hanya jasmaninya yang diobati, tapi rohaninya, jadi kita ingin melahirkan masyarakat yang sehat lahir batin,” tandasnya.

Menurutnya, thibbun nabawi ini bisa dijadikan sarana dakwah Parmusi dalam mengembangkan Iptek dan Imtaq. Sekaligus mengembangkan konsep Desa Madani yang dicanangkan Parmusi. Sebab, Parmusi ingin para kader-kadernya sejahtera baik lahirnya maupun batinnya.

“Jadi selain skill pengobatan, pengetahuan agama kader atau dai Parmusi juga harus terus ditingkatkan untuk bisa menyisipkan dakwah islamiyah dalam setiap pengobatan ini,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here