Pertama Kalinya, Indonesia Gelar Pameran Produk dan Wisata Halal di Amerika

128
Halal Expo (Photo: Istimewa)

Chicago, Muslim Obsession – Untuk pertama kalinya, Indonesia menggelar pameran produk dan wisata halal di Amerika.

Masyarakat Muslim dan non-Muslim Amerika Serikat semakin banyak yang mengonsumsi makanan halal yang diproses sesuai dengan Hukum Islam. Hal itu disampaikan oleh Konjen RI Chicago Rosmalawati Chalid.

“Chicago dan sekitarnya dengan jumlah penduduk Muslim sekitar 500.000 orang merupakan pasar potensial untuk produk halal Indonesia. Chicago merupakan kota dengan jumlah penduduk Muslim terbesar ketiga di AS setelah New York dan Detroit, dan umumnya merupakan golongan menengah atas dengan profesi sebagai pengusaha, dokter, bankir dan akademisi,” ujar Rosmalawati pada pameran ‘I Heart Halal’ yang berlangsung di Chicago dalam keterangan tertulis Ahad (29/4/2018).

“Mereka adalah target utama produk halal Indonesia mulai dari makanan, minuman, fesyen hingga wisata halal”, imbuh Rosmalawati.

Walaupun, kata Rosmalawati, segmen pasar produk halal masih lebih kecil dibandingkan dengan produk organik dan kosher.

Namun kalangan industri makanan yakin minat terhadap produk makanan halal akan semakin meningkat di kalangan masyarakat Muslim dan non-Muslim AS yang menginginkan makanan yang mereka konsumsi memperhatikan animal welfare and food safety.

“Produk-produk halal Indonesia yang dipromosikan di acara ini sudah dijual di sejumlah supermarket besar di Chicago dan online seperti Indomie, keripik kentang, ubi, singkong dan talas, permen, biskuit, dan lain sebagainya termasuk batik. Dengan melihat animo pengunjung pameran terhadap produk halal Indonesia, saya yakin Indonesia tidak akan kalah bersaing dengan produk negara lainnya”, paparnya.

“Saya perhatikan sejak pameran dimulai di stand Indomie selalu ada antrean pengunjung yang ingin mencicipi sampel maupun ingin membelinya. Pak Eddy Soekor, Regional Manager Indofood Kanada, saya lihat sampai kewalahan memasak Indomie goreng untuk memenuhi keinginan pengunjung yang rela antre untuk sekedar mencicipi. Sebanyak 3.800 bungkus Indomie ludes dibeli pengunjung pameran”, kata Konjen Rosmalawati.

Melalui pameran ini KJRI juga mempromosikan produk khas Sumbar agar dapat masuk pasar setempat.

Untuk keperluan pameran ini Gubernur Sumbar langsung mengirim dari Padang: rendang, keripik balado dan sugon, yang juga disukai pengunjung yang mencicipinya karena rasanya yang lezat dan unik. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here