Pertama Kalinya Adzan Bergema di Brussels Sejak Wabah Corona

453
Masjid di Brussels (Foto: https://muslimmosques1.files.wordpress.com/)

Brussels, Muslim Obsession – Untuk pertama kali, adzan berkumandang melalui pengeras suara di seluruh masjid di kota Brussels sejak wabah coronavirus.

Sebelumnya, Otoritas Belgia melarang semua shalat berjamaah di masjid-masjid untuk memutus mata rantai virus corona. Tetapi sekarang, mereka mengizinkan adzan berkumandang dalam upaya untuk meningkatkan moral umat Islam.

Brussels merupakan ibu kota Belgia. Islam di Belgia adalah agama minoritas namun menjadi agama terbesar kedua di negara ini setelah Kristen. Jumlah pasti Muslim di Belgia tidak diketahui tetapi berbagai sumber memperkirakan bahwa 4,0% hingga 6,5% dari populasi negara itu menganut Islam.

Kehadiran Islam pertama di Belgia terdaftar  pada tahun 1829, tetapi kebanyakan Muslim Belgia adalah imigran generasi pertama, kedua, atau ketiga yang tiba setelah tahun 1960-an.

Pemerintah Belgia tidak mengumpulkan atau mempublikasikan statistik tentang afiliasi agama, sehingga jumlah persis Muslim di Belgia tidak diketahui. Pada 2014, berbagai sumber memperkirakan Muslim menjadi 4,0% hingga 6,5% dari populasi negara itu.

Centre de Relations Européennes memperkirakan pada tahun 2000 bahwa ada sekitar 30.000 orang yang masuk Islam di Belgia.

Muslim tersebar tidak merata di seluruh Belgia dengan mayoritas terkonsentrasi di distrik kelas pekerja di kota-kota besar di seluruh negeri. Hampir 40% Muslim Belgia tinggal di ibu kota, Brussel. Sekitar 39% tinggal di Flanders dan 21% tinggal di Wallonia.

Sensus agama dan etnis dilarang di Belgia, jadi tidak ada angka akurat tentang jumlah umat Muslim di Belgia. Kebangsaan tidak dapat digunakan sebagai indikator agama, karena kebanyakan orang dengan akar di negara-negara Islam telah mengambil kewarganegaraan Belgia. Anak-anak mereka lahir sebagai warga negara Belgia dan karenanya tidak dapat dibedakan dari non-Muslim dalam statistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here