Pertama Kali, BBC London Akan Siarkan Adzan Hingga Ramadhan

661
BBC Radio London (Foto: Arab News)

London, Muslim ObsessionBritish Broadcasting Corporation (BBC), perusahaan penyiaran Inggris mulai menyiarkan pembacaan Al-Quran dan hadits Nabi di 14 stasiun radio lokal milik mereka. Program bernuansa islami ini dilakukan sejumlah radio lokal setiap hari Jumat pukul 5:50 waktu setempat.

Tidak hanya itu, Adzan pertama kali disiarkan oleh BBC bagi seluruh Muslim di Inggris, yang tidak dapat mengunjungi masjid mereka karena wabah coronavirus, disiarkan di Radio BBC di Coventry dan Warwickshire sejak 3 April 2020.

Adzan dikumandangkan oleh Qari Asim MBE, seorang imam senior di Leeds, di 14 stasiun radio lokal BBC. Panggilan untuk shalat akan menjadi rutinan mingguan setiap Jumat pagi hingga Ramadhan yang akan dipimpin oleh seorang imam Muslim yang berbeda setiap pekannya.

Radio BBC mengambil inisiatif karena sebagian besar orang dari komunitas Muslim tidak dapat menghadiri shalat di masjid-masjid karena penutupan sementara masjid-masjid di tengah pandemi coronavirus.

Berita itu juga dibagikan dalam tweet oleh jurnalis dan produser siaran untuk BBC Radio 4 Harry Farley.

“Stasiun radio lokal BBC akan menyiarkan doa-doa Islam mulai besok pagi,” tulis Harry Farley dalam tweet pada 2 April.

Tempat ibadah di seluruh Inggris telah ditutup sejak 23 Maret di salah satu langkah yang diperkenalkan untuk mengekang penyebaran virus corona. BBC sudah menyiarkan layanan Kristen pada hari Minggu di 39 stasiun lokal dan nasionalnya.

“Siaran shalat Jumat, yang dimulai Jumat lalu, akan berlanjut selama umat Islam tidak dapat menghadiri masjid lokal mereka. Ada juga rencana untuk siaran reguler untuk minoritas agama lain, seperti komunitas Hindu dan Yahudi,” kata BBC.

Dalam siaran TV kepada orang-orang Inggris, Ratu Elizabeth memuji orang-orang dari “semua agama” atas upaya gabungan mereka untuk mencegah penyebaran COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here