Pertama Kali, Arab Saudi Jadi Anggota Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

73
Arab Saudi (Foto: Arab News)

London, Muslim Obsession – Arab Saudi terpilih sebagai anggota Komite Warisan Budaya Takbenda Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) PBB untuk pertama kalinya pada Kamis (10/9/2020).

Dilansir Saudi Press Agency (SPA), Jumat (10/9/2020) Aksesi Kerajaan ke komite dikonfirmasi selama Sidang Umum kedelapan UNESCO di Paris, yang diadakan pada 10-12 September 2020.

Delegasi Saudi di ibu kota Prancis dipimpin oleh Putri Haifa binti Abdul Aziz Al-Muqrin, perwakilan tetap Kerajaan untuk UNESCO.

Pemilihan tersebut menempatkan Arab Saudi dalam kelompok negara terpilih yang mempertahankan keanggotaan dari tiga komite dasar di UNESCO – Dewan Eksekutif, Komite Warisan Dunia, dan komite warisan budaya takbenda.

Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, Menteri Kebudayaan dan Ketua Komite Nasional Pendidikan, Sains dan Kebudayaan, mengucapkan selamat kepada kepemimpinan Kerajaan atas aksesi tersebut.

“Kerajaan memiliki stok warisan budaya takbenda yang sangat besar di berbagai desa, kota, dan wilayah, dan kami akan bekerja di Kementerian Kebudayaan melalui Otoritas Warisan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan nasional yang kaya ini, dan mendukung para pelakunya dalam semua spesialisasi mereka,” kata Pangeran.

Pangeran juga mengatakan keputusan itu mengkonfirmasi kebangkitan komprehensif budaya Saudi sehubungan dengan rencana Visi Kerajaan 2030, dan bagaimana hal itu akan berdampak positif pada budaya lokal.

“Kerja sama internasional melalui organisasi ternama seperti UNESCO akan menaikkan taraf pengelolaan budaya lokal menjadi standar internasional. Selain itu juga akan berkontribusi pada pengembangan kawasan cagar budaya takbenda di Arab Saudi,” tambahnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here