Persalinan Kena Pajak? Bersalin di RBC 100% Gratis Lho!

124
Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) memberikan layanan kesehatan gratis bagi ibu-anak dhuafa. (Foto: istimewa)

Muslim Obsession – Belakangan ini ramai isu adanya wacana pemerintah yang akan mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di sejumlah sektor. Selain sembako dan jasa pendidikan, konon pengenaan pajak juga akan diberlakukan pada jasa rumah bersalin.

Ini sebagaimana tertuang dalam Draft Perubahan Kelima atas Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan, mengatakan bahwa wacana kebijakan ini memberatkan tentunya memberatkan dhuafa. Pasalnya, uang senilai 100-200 ribu saja sangat bernilai dalam kehidupan mereka.

“Jika biaya persalinan biasa saja sudah begitu mencekik, apalagi jika ditambah dengan pajak,” tutur Asep.

Sebagai solusi, terang Asep, Sinergi Foundation menginisiasi Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), sebuah layanan kesehatan bagi ibu-anak dhuafa yang gratis tanpa pungutan apapun. RBC sendiri sudah berdiri sejak 2004, dan melakukan lebih dari 205.806 layanan kesehatan bagi pasien dhuafa.

Meski gratis, pelayanan di RBC sangat prima. Ada sejumlah layanan gratis yang tersedia: persalinan 24 jam, perawatan pasca melahirkan, layanan kesehatan & USG, yoga prenatal, obat & alat kesehatan, RBC Sapa Warga, taklim, hingga pemberdayaan member dhuafa.

“Dengan mengoptimalkan dana zakat yang dititipkan di Sinergi Foundation, seluruh akses kesehatan tersebut dapat dinikmati kalangan dhuafa tanpa pungutan biaya,” kata Asep.

Ia berharap, keberadaan RBC menjadi solusi agar dhuafa tidak lagi terbebani dengan biaya persalinan, apalagi jika wacana kebijakan pajak disahkan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here