Perpustakaan Turki Simpan Manuskrip Kuno Selama 223 tahun

739
Perpustakaan Raşit Efendi

Muslim Obsession – Perpustakaan Raşit Efendi menyimpan banyak manuskrip langka. Perpustakaan yang berada di Kayseri Turki tengah ini menyimpan banyak dokumen tertulis dalam arsipnya sejak didirikan pada tahun 1790-an.

Manuskrip tersebut telah disimpan selama dua abad lebih atau 223 tahun. Menurut Anadolu Agency, perpustakaan bersejarah tersebut saat ini memiliki 8.520 karya termasuk 2.052 manuskrip dalam arsipnya.

Perpustakaan kuno itu juga berisi karya-karya tertulis tentang agama, sastra, sejarah dan geografi dalam bahasa Arab dan Persia. Karena manuskripnya yang unik, Perpustakaan Raşit Efendi menjadi sumber pengetahuan berharga bagi mahasiswa, akademisi, dan peneliti.

Naskah-naskah bersejarah itu sengaja disimpan di unit penyimpanan khusus untuk menghindari kelembaban dan korosi. Selain itu, lemari-lemari diproduksi dari pohon khusus pada akhir 1790-an untuk menjauhkan dari serangan serangga.

Suhu dan kelembaban bangunan ini dikendalikan oleh pendingin udara presisi. Mehmet Karaarslan, pensiunan guru sejarah dan pengguna tetap perpustakaan, mengatakan bahwa Raşit Efendi adalah seorang birokrat Utsmani yang terkenal.

“Dia ingin memiliki perpustakaan di kota kelahirannya, Kayseri,” katanya seperti dilansir Daily Sabah, Selasa (19/2/2019).

“Naskah asli yang menyertakan proposal untuk perpustakaan juga masih ada di sini,” imbuh Karaarslan.

Dia menjelaskan bahwa Perpustakaan Raşit Efendi itu memuat banyak karya dengan fondasi percetakan İbrahim Müteferrika.

İbrahim Müteferrika adalah tokoh terkemuka dalam sejarah Ottoman. Dia adalah diplomat Ottoman kelahiran Hungaria dan Muslim pertama yang menjalankan percetakan dengan huruf Arab. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here