Perkuat Keamanan, Polda Metro Jaya Luncurkan Aplikasi Satpam Mantap

136

Jakarta, Muslim Obsession – Untuk lebih mudah koordinasi keamanan dengan satpam serta perkuat keamanan, Polda Metro Jaya merilis teknologi berupa aplikasi bernama Satpam Mantap, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Aplikasi Satpam Mantap diluncurkan salah satunya untuk koordinasi keamanan satpam di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dalam sambutannya mengatakan aplikasi ini adalah yang pertama di Indonesia.

“Aplikasi ini juga dilengkapi panic button agar satpam bisa cepat melapor bila ada kejadian dan polisi terdekat datang,” kata Gatot, seperti dikutip dari Jurnalsecurity.

Gatot menjabarkan bahwa di dalam aplikasi Satpam Mantap ada fitur lapor kejadian atau insiden, seperti pencurian, kecelakaan, dan sejenisnya. Begitu juga ada rekomendasi, lihat data BUJP,  permohonan pelatihan satpam dan update mengenai informasi terkini.

“Jika dulu pendaftaran BUJP secara konvensional, sekarang bisa melalui online,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pengurusan BUJP diakui Gatot bisa lebih cepat. Jika memakai konvensional selama tujuh hari, maka dengan sistem online ini waktunya bisa berkurang menjadi tiga hari.

Melalui aplikasi ini juga, nantinya Gatot berharap bisa mengetahui jumlah satpam di wilayah DKI Jakarta. Terutama satpam yang sudah tersertifikasi dan mengikuti pelatihan dasar satpam.

“Dengan adanya ini kedekatan antara Polri dan satpam semakin dekat,” ungkapnya.

Selain Satpam Mantap, Polda Metro Jaya juga melaunching sejumlah aplikasi yakni E-Drives dan aplikasi Help Renakta.

Peluncuran ini dihadiri oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri Perhubungan Budi Karya, juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here