Perjuangan Nabi Melawan Rasisme, Berat!

414
Rasisme (Foto: Venstre)

Muslim Obsession – Sobat Muslim, tahukah apa yang pertama kali dilakukan Nabi Muhammad Saw. dalam menyampaikan dakwah?

Sejak hari pertama misinya sebagai seorang Nabi, ia melancarkan perang melawan diskriminasi dari semua jenis dan di semua tingkatan.

Ketika Nabi diperintahkan untuk pergi berdakwah, ia diberitahu bahwa salah satu karakteristik utama dari pesan Islam adalah menetapkan kesetaraan terlepas dari warna, latar belakang, bahasa, status sosial atau ekonomi mereka di masyarakat.

Di antara bangsa Arab, hal ini adalah menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi Nabi sejak awal kemunculan Islam.

Kaum politeis Arab bahkan menolak untuk dikaitkan dengan budak mereka. Di mana para budak, dulu diperlakukan dengan buruk di masyarakat.

Konsep Islam tentang kesetaraan dengan budak ini sangat mengganggu para penyembah berhala Arab yang sombong dan angkuh pada saat itu.

Bisa jadi, perkara ini menjadi salah satu alasan mereka menolak kedatangan Islam. Karena, saat itu martabat dan jabatan adalah segala-galanya.

Banyak juga yang melihat konsep ini sebagai penghancuran bisnis dan masyarakat mereka yang sangat bergantung pada perdagangan budak.

Maka ketika Nabi Muhammad datang, ia menasehati mereka bahwa tidak ada manusia yang lebih baik daripada yang lain kecuali karena keimanan dan ketakwaannya di hadapan Allah.

Semua ajaran revolusioner ini membuat para pemimpin suku Quraisy Makkah resah dan gelisah. Oleh sebab itu, mereka mengumpulkan massa untuk melawan Nabi Muhammad Saw.

Lalu bagaimana sikap Nabi? Apakah dia menyerah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here