Perjuangan dan Kesetiaan Nyai Ahmad Dahlan

203
Nyai Ahmad Dahlan (Foto: Tirto)

Muslim Obsession – Selama ini, publik mungkin hanya mengenal sosok pahlawan perempuan seperti RA Kartini atau Dewi Sartika. Tak banyak yang tahu mengenai sosok perempuan bersahaja yang satu ini.

Nyai Siti Walidah adalah nama asli dari seorang perempuan inspiratif di masanya yang telah berhasil menggerakkan perempuan Muhammadiyah saat itu. Beliau lebih dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan, adalah tokoh emansipasi perempuan, istri dari pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan dan juga seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Nyai Ahmad Dahlan lahir di Kauman pada 1872 M. Beliau adalah putri dari Kyai Haji Muhammad Fadli, seorang ulama dan anggota Kesultanan Yogyakarta, daerah banyaknya tokoh agama banyak dari keraton. Nyai kecil bersekolah di rumah, diajarkan berbagai aspek tentang Islam, termasuk bahasa Arab dan Quran, ia membaca Al-Quran dalam naskah Jawi.

Nyai Ahmad Dahlan menikah dengan sepupunya, Ahmad Dahlan. Saat Ahmad Dahlan sedang sibuk-sibuknya mengembangkan Muhammadiyah saat itu, Nyai mengikuti suaminya dalam perjalanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here