Perjalanan Islam ke Negeri Tirai Bambu

199
Masjid Huaisheng (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Berdirinya Masjid Huaisheng di Guangzhou menjadi bukti bahwa Islam sudah tersebar ke China sejak lama, dan masjid ini menjadi masjid tertua di China. Dalam manuskrip China disebutkan Masjid ini dibangun pada tahun 672 M.

Diketahui Masjid ini dibangun oleh utusan Utsman bin Affan yaitu Sa’ad bin Abi Waqqas, hal itu tertulis dalam jurnal bertajuk Jewel of Chinese Muslim’s Heritage oleh Mohammed Khamouch.

Catatan tersebut mengungkapkan Abi Waqqas bersama tiga sahabat lainnya datang ke China dari Abyssinia yang sekarang dikenal dengan Ethiopia. Kala itu, Abyssinia atau Ethiopia adalah tanah bagi mereka yang melarikan diri dari penganiayaan suku Quraish di Mekkah. Mereka diberikan suaka politik oleh Raja Abyssinia, al-Habashi King Atsmaha Negus di kota Axum.

Perjalanan Abi Waqqas dan sahabat-sahabatnya ke China didukung oleh Raja Abyssinia. Setelah kunjungan pertama ke China, Abi Waqqas pergi ke Arab. Setelah 21 tahun di Arab, Abi Waqqas dan sahabat-sahabatnya kembali ke China. Kepergiaan kali ini atas perintah Khalifah ke-3 Utsman bin Affan. Mereka membawa salinan Al-Quran ke China untuk disebar ke negara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here