Peringati Hari Santri, Warga NU Baca 1 Miliar Shalawat Nariyah

72

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU KH. Said Aqil Siroj menyatakan santri hari ini dan Santri di masa yang akan datang harus mampu menjawab tantangan zaman.

Santri diharapkan mampu memenangkan pertarungan global, mengambil peran strategis dan mendedikasikan diri untuk senantiasa siap berkorban dan memiliki kecintaan terhadap tanah air yang tinggi serta mampu mewujudkan kemandirian Indonesia dengan daya saing yang tinggi.

“Santri tidak hanya mampu mengaji tetapi dituntut untuk mampu menguasai berbagai bidang strategis, produktif dan progresif dalam berbagai hal serta mampu menampilkan model kepemimpinan nasional yang mengedepankan kepentingan bangsa,” kata Kiai Said dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2020).

Dalam konteks Indonesia dan dunia yang sedang menghadapi pandemi ini, santri kata Kiai Said.harus mengambil peran untuk berjihad memberikan sumbangsih terbaiknya untuk membantu menaggulangi wabah covid-19.

“Jika dulu, Fatwa resolusi jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari dimaksudkan untuk melawan kolonialisme dan penjajahan, maka jihad hari ini adalah bersatu melawan wabah agar kita semua diberi keselamatan dan kesehatan,” tuturnya.

Karena itu, dalam rangka peringatan Hari Santri 2020 warga NU akan membaca 1 Miliar ahalawat Nariyah, shalawat thibbil qulub, dan doa tolak bala’ secara serentak sedunia pada Kamis 22/10/2020 pukul 19.30 WIB.

“Ini diharapkan mampu membangkitkan semangat pengabdian kaum santri untuk negeri menuju Indonesia yang kuat, berdaulat, dan segera diberi keselamatan dari pandemi Covid-19,” jelasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here