Peringati Hari Pendidikan Nasional, Mahir Academy Gelar Webinar dengan Peserta Terbanyak di Indonesia

419
Prof Rhenald Kasali PhD.

Jakarta, Muslim Obsession – Guru dituntut untuk selalu menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dan harus selalu siap untuk mengubah mindset.

Apalagi dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini, guru dituntut untuk selalu inovatif. Mampu menciptakan proses belajar-mengajar yang menarik agar para peserta didik tetap bisa memahami materi yang diajarkan meski dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh.

Mengambil tema Self Driving For Teacher, pentingnya guru untuk berinovasi dalam proses belajar-mengajar inilah yang diangkat dalam webinar yang dilaksanakan oleh Mahir Academy, yang bertepatan dengan Hari Pendidikan, Sabtu (2/5/2020).

Webinar ini tercatat menjadi salah satu webinar dengan peserta terbanyak yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Ini karena diikuti oleh 15.000 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagian besar dari peserta tersebut adalah guru yang mengajar SD hingga SMA atau sederajat.

Prof Rhenald Kasali PhD selaku pembicara dalam webinar tersebut menyatakan bahwa sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak Covid-19. Akibatnya guru dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan yang terjadi.

“Semua sektor sudah merasakan dampaknya, pendidikan pun tak luput dari masalah ini. Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, serta membuka mindset untuk dapat berpikir kreatif dan inovatif merupakan kemampuan kunci yang perlu dimiliki oleh para guru,” kata Rhenald Kasali.

Sementara itu, pembicara lain yang juga hadir dalam webinar ini adalah Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof Unifah Rosyidi MPd.

Dalam penjelasannya, Prof Unifah menjelaskan guru memang perlu untuk berinovasi agar metode yang digunakan untuk mengajar tetap relevan.

“Cara-cara baru harus sudah dipahami agar bisa membuat pengajaran relevan dan mengikuti perkembangan zaman,” kata dia.

Sebelumnya, melalui video yang diputar di awal webinar, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pandemi covid-19 mengajarkan bahwa adaptasi dan inovasi adalah kunci untuk memenangkan masa depan. “Karena itu, guru dan siswa harus bisa bergerak cepat dan tanggap merespons perubahan,” pungkasnya.

Acara webinar ini didukung oleh Webex Cisco, Telkomsel, PT Rintis Sejahtera, Pupuk Kaltim, Kopi Kapal Api, Tolak Angin Sido Muncul, President University, Pegadaian, JNE, dan Bank Bukopin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here