Perhatikan Cara Minum Kopi yang Baik Agar Tidak Jadi Penyakit

101

Jakarta, Muslim Obsession – Kopi adalah jenis minuman favorit bagi hampir semua masyarakat Indonesia. Dengan berbagai macam racikan, kopi bisa disajikan dalam berbagai bentuk yang menarik penuh dengan rasa. Warung kopi pun kini kian menjamur.

Ya, kopi memang minuman yang mengasyikan. Terlebih bagi para penggemarnya. Namun jangan sampai salahya kopi ternyata bagaikan dua sisi mata uang. Satu sisi punya banyak kandungan menyehatkan, tetapi di sisi lain bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Bukan saja soal takarannya, variasi penyajian kopi juga bisa jadi penyakit bila tidak cermat dalam memilih. Misalnya gula, jika berlebihan akan memberikan asupan ekstra kalori yang merugikan. Bukan malah menyehatkan.

Karena itu agar, sajian kopi tetap nikmat dan menyehatkan, maka perlu diperhatikan cara minum kopi yang benar. Berikut panduannya:

1. Perhatikan jam minum kopi

Kopi merupakan sumber kafein yang berperan memberikan energi dan membantu tubuh tetap terjaga. Namun, minum kopi pada jam yang salah justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Sebuah studi mengatakan bahwa jika minum kopi di sore hari, bisa mengganggu tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan risiko terkena obesitas hingga tekanan darah tinggi. Karena itu tidak disarankan minum kopi setelah jam 2-3 sore.

2. Gunakan kertas filter

Kopi yang diseduh dapat mengandung cafestol yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Usahakan seduh kopi menggunakan kertas filter karena efektif menurunkan jumlah cafestol.

3. Minum kopi organik

Umumnya, pengolahan biji kopi disemprot menggunakan pestisida sintetis dan bahan kimia lainnya. Efek buruk dari bahan makanan yang menggunakan pestisida sintetis dan bahan kimia masih menjadi kontroversi. Namun, sebuah penelitian mengatakan makanan tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Jadi, jika kamu khawatir penggunaan pestisida pada makanan, bisa memilih biji kopi organik.

4. Hindari gula berlebih

Ketika minum kopi disarankan untuk tidak menambahkan gula tambahan. Gula memiliki jumlah fruktosa yang tinggi sehingga risiko terkena penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

5. Tambahkan kayu manis

Terakhir menambahkan kayu manis ke dalam kopi bisa memperkaya cita rasa kopi. Studi menunjukkan kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here