Perginya Sosok Rujukan Ulama Indonesia, Kiai Maimun Zubair

339
KH Maimun Zubair didampingi Ketum Majelis Munajat Indonesia Berkah (MMIB) H Usamah Hisyam saat menghadiri Musyawarah Nasional Alim Ulama, Maret 2019 lalu. (Foto: Edwin B/OMG)

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar duka menyelimuti tanah air, Kiai Haji Maimun Zubair atau yang sering disapa Mbah Moen meninggal dunia di Makkah pada Selasa (6/8/2019) di usianya yang menginjak 90 tahun.

Putra pertama dari Kiai Zubair dan ibundanya adalah putri dari Kiai Ahmad bin Syu’aib ini dikenal sebagai ulama yang alim dan teguh memegang pendirian.

Baca Juga:

Kabar Duka: Mbah Maimun Zubair Wafat di Makkah

Mbah Moen: Agar Dicukupi dalam Rumah Tangga, Baca Surat Ini Setiap Masuk Rumah

Mbah Moen Kupas Filosofi Tanggal Kemerdekaan Indonesia

Dari ayahnya, beliau meneladani ketegasan dan keteguhan, sementara dari kakeknya beliau meneladani rasa kasih sayang dan kedermawanan.

Kasih sayang terkadang merontokkan ketegasan, rendah hati seringkali berseberangan dengan ketegasan. Namun dalam pribadi Mbah Moen, semua itu tersinergi secara padan dan seimbang.

Kerasnya kehidupan pesisir tidak membuat sikapnya ikut mengeras. Beliau adalah gambaran dari pribadi yang santun dan matang. Semua itu bukanlah kebetulan, sebab sejak dini beliau yang hidup dalam tradisi pesantren diasuh langsung oleh ayah dan kakeknya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here