Peradaban Alternatif Berbasis Iqra’ 

454

Isu perbenturan peradaban manusia 

Sejak dari dulu saya tidak pernah setuju dengan hipotesis Hangtington yang memprediksi terjadinya perbenturan peradaban manusi. Teori ini dikenal dengan istilah “clash among civilizations”.

Oleh Hangtington diprediksi bahwa pada abad 21 ini akan terjadi perbenturan antara tiga peradaban besar dunia. Yaitu peradaban Barat, China, dan tentunya Islam.

Dalam pandangan saya yang mungkin memang sederhana (simplistik) saya melihat bahwa peradaban itu satu. Yang berbeda adalah nilai-nilai yang dijadikan sebagai “basis peradaban”. Perbedaan nilai inilah yang kemudian menjadikannya sebagai peradaban atau bukan peradaban.

Artinya jika nilai-nilai itu benar dan baik maka itulah peradaban manusia. Sebaliknya jika nilai-nilai Yang terpakai membangun peradaban itu salah maka itu bukan peradaban.

Hasilnya yang “clash” (berbenturan) bukan peradaban. Karena sejatinya peradaban itu tunggal. “Al-Haqq min Rabbika falaa takuunanna minal mumtariin”. Peradaban itu semuanya berasal dari “kebenaran sejati”. Jika peradaban itu tidak lagi sejalan dengan “Al-Hqq” maka itu bukan peradaban.

Kesimpulannya pada akhirnya yang berbenturan adalah nilai-nilai yang berperadaban dan nilai-nilai yang “anti peradaban”. Dengan memakai bahasa agama antara “cahaya” dan kegelapan. Antara “hidayah” dan “kesesatan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here