Penting Dibaca! Ini 6 Ciri-Ciri Istri Shalihah dalam Al-Quran dan Hadits

2638

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi para kaum hawa bisa memiliki istri shalihah adalah kebanggaan tersendiri. Begitu sebaliknya, para perempuan juga ingin mendambakan sosok suami yang sholeh. Karena dengan dua kriteria itu, diharapkan suami-istri bisa mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah.

Tentu para lelaki, baik yang akan menikah maupun sudah memiliki pasangan, bertanya-tanya tentang bagaimana ciri–ciri wanita shalihah? Berikut enam ciri-ciri wanita shalihah seperti yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits.

1. Tidak meninggalkan kewajiban agama

Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah dalam kitab Mukhtarul Ahaditsin Nabawiyyah, yakni:

“Apabila seorang wanita salat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, taat kepada suami, menjaga kehormatan dirinya, maka akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia mau.”

2. Mampu menjaga diri dan harta suami

Kriteria ini tercantum dalam Al-Quran
Surat An-Nisa Ayat 34 yang berbunyi:

“Maka wanita-wanita yang shalihah, ialah yang taat (kepada Allah dan kepada suami) lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).”

Rasulullah juga bersabda ”Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalihah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu.” (HR Hakim).

3. Taat pada suami

Sebagai pemimpin rumah tangga suami biasanya meminta istrinya untuk melakukan berbagai hal, maka dari itu sebagai istri wajib untuk mematuhinya dengan catatan perintah tidak keluar dari syariat islam.

Rasulullah pernah ditanya; “Wahai Rasulullah, wanita yang bagaimana yang paling baik?” maka beliau menjawab:

“Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat (suami), taat jika diperintah dan tidak menyelisihi pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan harta suaminya.” (HR. Ahmad)

4. Terlihat menyenangkan di depan suami

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”.

(HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

5. Menutup Auratnya

Menutup aurat merupakan anjaran islam untuk para umat perempuannya, jika ingin menjadi istri shalihah hendaklah dia menutup auratnya.

“Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan). [HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]

6. Mampu memberikan suasana teduh, ketenangan berfikir.

Allah SWT berfirman: ”Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar Rum [30]: 21). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here