Penolakan Abdul Somad Untungkan Youtube Rugikan Demokrasi

957

Jamaah UAS juga kian semangat dan kreatif jika UAS ditolak ceramah, silahkan lihat komentar warganet di medsos UAS. Mereka menganggap inilah resiko perjuangan menyampaikan kebenaran. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menyebarkan video-video UAS lewat whatsapp, bbm, email, dll.

Karenanya, saya sarankan anda yang menolak UAS di darat juga meminta perusahaan penyedia layanan email menolak video UAS. Berikut beberapa layanan email: yahoo, gmail, hotmail, outlook, icloud, aol, zoho, gmx, yandex, mail, lycos, proton, ini belum termasuk email yang berbasis web yang buanyak sekali.

*Oh ya media sosial tak hanya youtube*, ada Instagram, twitter, facebook, line, telegram yang juga menjadi saluran untuk mendistribusikan ceramah UAS. Sebaiknya anda juga mendatangi pihak Samsung, Oppo, Apple, HTC, Lenovo, Nokia, Asus, Xiaomi, SONY, LG, ZTE agar telepon genggam yang mereka produksi dilengkapi sensor pendeteksi video UAS.

Anggaplah youtube bersedia menghapus video-video UAS, walaupun saya tidak yakin. Pengalaman saya melaporkan video yang menghina agama Hindu dan Budha di youtube, sampai sekarang tidak dihapus videonya oleh youtube, bahkan sejak bulan Juni lalu saya sudah 2 kali mention akun @Kemkominfo juga tidak digubris.

Hampir mustahil youtube menghapus semua ceramah-ceramah UAS, pertama UAS tidak melanggar ketentuan Youtube, kedua, UAS sangat membantu membesarkan youtube. Berapa banyak orang kenal youtube karena video UAS. Jadi bukan UAS yang butuh Youtube, bisa jadi sebaliknya. Belum lagi anda diprotes beberapa aktivis youtube yang mendapatkan penghasilan dari mengunggah video UAS. Setahu saya UAS sendiri tidak mengambil honor dari youtube.

Oke, anggaplah youtube bersedia menghapus video-video UAS karena tekanan organisasi anda. Namun selain youtube masih banyak medsos lain yang bisa digunakan untuk mengunggah video UAS. Di Indonesia saja ada vidio.com, meTube, belum produk luar seperti dailymotion, veoh dan puluhan medsos sejenis youtube. Saya yakin 100 persen mereka bersedia sekali mengunggah video-video ceramah UAS. Video UAS akan menaikan brand mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here